Pertama Di Indonesia! Pemerintah Launching Uji Keur Mobile Di Kabupaten Sorong

Lensapapua, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melakukan ‘launching’ Uji Coba Unit Pemeriksaan Laik Fungsi Kendaraan Bermotor Non Statis (Mobile Keur) di Kabupaten Sorong, Senin (22/3/2021).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Keny Baldus menjelaskan Kabupaten Sorong dinilai sangat siap dengan pelaksanan Mobile Keur ini dibandingkan beberapa daerah di Papua dan Papua Barat.

“Bahkan launching ini merupakan yang pertama di Indonesia. Karena Kabupaten Sorong siap dari segi infrastruktur maupun sarana dan pra sarana penunjang.” Kata Keny Baldus.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Keny Baldus. Dok/red
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Keny Baldus. Dok/red

Saat ini Dishub Kabupaten Sorong sudah memiliki gedung uji Keur dengan fasilitas lengkap untuk pengujian tersebut.

Dengan diterapkannya Mobile Keur ini nantinya akan memangkas pertemuan para pemilik kendaraan dengan petugas di kantor, mengingat saat ini juga sudah tersedia aplikasi berbasis web untuk pendaftaran dan penerbitan buku KIR digital.

“Pengusaha maupun personal yang ingin melakukan uji Keur tidak perlu lagi harus datang ke kantor untuk melakukan pengujian. Hanya uji kecepatan yang harus dilakukan di gedung uji kir Kabupaten Sorong. Sedangkan pengujian lainnya akan menggunakan Mobile Keur ini” terang Kadishub Kabupaten Sorong.

Karena baru tersedia satu unit di Papua dan Papua Barat, nantinya seluruh pemilik kendaraan yang akan melakukan uji kir harus ke Kabupaten Sorong.

Unit uji emisi gas buang kendaraan Mobile Keur. Dok/red
Unit uji emisi gas buang kendaraan Mobile Keur. Dok/red

“Khususnya wilayah Sorong Raya, harus uji Keur di Kabupaten Sorong, karena alatnya baru satu ini”. Katanya.

Menurut Baldus, kelebihan Mobile Keur ini memiliki tingkat presisi dan akurasi pengukuran lebih tinggi dibandingkan dengan yang sudah ada.

Unit uji lampu kendaraan Mobile Keur. Dok/red
Unit uji lampu kendaraan Mobile Keur. Dok/red

“Kemudian alat berkapasitas 20 ton ini sudah disinkronkan dengan aplikasi pendaftaran dan penerbitan buku KIR digital. Jadi tidak ada kompromi antara pemilik kendaraan dengan petugas”. Jelasnya.

Rangkaian pengujian Mobile Keur ini antara lain uji emisi gas buang, uji lampu, kebisingan, elektronika kendaraan, berat dan daya muat kendaraan, uji rem, dan lainnya yang sebagian menggunakan sistem kalibrasi. Sedangkan uji kecepatan masih dilakukan di gedung uji Keur Kabupaten Sorong. red

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.