Perkuat Kemampuan C4ISR Personil Koopau III Ikuti Pelatihan Singkat CTDLS Dari PT. LEN Industri

Lensapapua, Biak –  Pangkoopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, MM diwakili Askomlek Kolonel Lek Lilik Irianto secara resmi membuka pelatihan singkat CTDLS dari PT. LEN Industri Bandung yang berlangsung di pusat Kodal Makoopsau III Biak, Selasa (2/12). S

Sebanyak 10 personil Koopsau III mengikuti pelatihan singkat utk tekhnisi & operator perangkat CTDLS (Communication Tactical Data Link System).pelaksanaan latihan selama satu pekan dengan mendapatkan bimbingan, materi bagaimana cara mengoperasikan hingga dapat melakukan pemeliharaan tingkat ringan perangkat CTDLS Koopsau III.

Kegiatan ini merupakan implementasi sistem komunikasi dari Command ,Communications, Computers, Inteligence Surveillance and Reconnaissance (C4ISR). CTDLS merupakan sebuah sistem tekhnologi yang digunakan untuk melengkapi sistem pertahanan yg dimiliki Koopsau III, terkait operasi maritim surveilence.

Menurut Pangkoopsau III yang diwakili Askomlek Kolonel Lek Lilik Irianto, sebagai alat pertahanan negara di wilayah Indonesia Timur Komando Operasi TNI Angakatan Udara III terus meningkatkan kemampuan sistem pertahanan negara dengan memperkuat kemampuan sistem komunikasi terpadu atau dikenal dengan istilah C4ISR.

“Selain itu kegiatan ini merupakan bagian dari pembangunan sistem informasi berbasis teknologi informasi yang memberikan layanan data maupun informasi dalam rangka mendukung tugas-tugas Koopsau III dlam rangka pengamanan di udara,laut maupun di darat Diharapkan melalui pelatihan singkat ini para personil Koopsau III dapat meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan maupun merawat fungsi perangkat perangkat yang padat teknologi informasi tersebut,” jelasnya.

Sementara itu BPK Maman dari PT. LEN Indudtri menambahkan, CTDLS merupakan sebuah sistem yang mensuplay data taktis maupun video &voice antara unit udara dan darat melalui jaringan data link secara langsung & realtime. Sistem mengintegrasikan 3 unit sistem yakni, Airborne unit, Base station dan Kodal masing-masing memiliki desain arsitektur sistem yang terdiri dari hardware dan software.

Adapun materi yang di berikan selama pelatihan singkat meliputi antara lain, pengenalan CTDLS, instalasi sistem Kodal, operasional C2 sistem, operasi SAVS, operasional vidio client, network monitoring, basestation monitoring, pemeliharaan komando kontrol dan troubleshooting komando kontrol.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.