Peringatan HKN Ke-50 Se-Sorong Raya Dipusatkan Di Kabupaten Sorong

Ning Santjojo, SKM., M,Kes.

Lensapapua–  Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 (12 November 1964-12 November 2014) sebagai tahun Emas, secara bersama-sama seluruh kabupaten/kota se-Sorong Raya diperingati di Alun-Alun kota baru Aimas. Rabu (12/11).

Ketua panitia pelaksana dari dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, Ning Santjojo, SKM. M,Kes.dalam laporannya menjelaskan bahwa, HKN ke-50 adalah sebuah usia yang sudah mapan untuk kembali me-review  perjalanan pembangunan kesehatan di Indonesia selama selama setengah Abad.Momentum ini mengingatkan kita tentang kesehatan yang harus bergerak dari wilayah kuratif ke prefentif dan promotif, jelas Santjojo.

Dengan mangambil tema  “Sehat bangsaku sehat negeriku”, pesan ini mengandung makna yang sangat mendalam, maka dengan semangat HKN tahun ini kita siap memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mencapai kesehatan masyarakat yang optimal untuk mengajak kita sekalian mencintai sehat dengan beberapa gerakan.

Yakni gerakan mencintai sehat dengan lingkungan yang bersih dan sehat, mencintai sehat pasti berperilaku bersih hidup dan sehat, cinta sehat maka manfaatkan pasilitas kesehatan untuk tetap sehat,

Adapun dasar pelaksanaan HKN ini sesuai dengan hasil pertemuan para kepala dinas kesehatan Se-Sorong Raya yang dilaksanakan dikantor dinas Kesehatan Kabupaten Sorong pada tanggal 23 September 2014 lalu, telah menyepakati bahwa peringatan HKN ke-50 akan dilaksanakan di Kabupaten Sorong sebagai kabupaten induk.

Dengan tujuan, melalui peringatan bersama ini diharapkan untuk dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi, untuk saling mengenal sesama satu profesi, bertukar pikiran maupun pengalaman, sehingga kabupaten-kabupaten yang tertinggal bisa mendapatkan pengalaman berharga dari daerah kabupaten/kota yang lebih maju, agar cita-cita luhur bisa tercapai yakni”Sehat bangsaku sehat negeriku”.

Adapun rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan menjelang HKN  ini adalah, kegiatan pembukaan dikabupaten Maybrat dibuka oleh Asisten I Setda Kabupaten Sorong, Ishak Kambuaya, S,Sos.M,Si. antara lain pengobatan massal dengan melibatkan Dokter spesialis anak, dokter THT.Dokter spesialis penyakit dalam, Dokter penyakit Kulit, Dokter Saraf dan Dokter Gigi dari kabupaten/kota Se-Sorong Raya. Kemudian penyuluhan PHBS bagi anak sekolah tingkat SD,SMP dan SMA, dan lomba makanan sehat yang diikuti oleh PKK seluruh Kabupaten Maybrat, bebernya.

Setelah dilakukan pembukaan di Kabupaten Maybrat, kemudian secara serentak dilakukan kegiatan dimasing-masing kabupaten dilingkungan rumah sakit yakni pencanangan penanaman pohon/penghijauan sesuai dengan rencana kegiatan yang sudah diprogramkan dimasing-masing dinas kesehatan setempat, bebernya.

Kemudian pada tanggal 7-11 November 2014 dilakukan kegiatan olahraga antara lain Futsal dan Bola Volley yang dibuka langsung oleh kepala dinas kesehatan Kabupaten Maybrat. Pada tanggal 10/11 dilakukan telpon interaktif di RRI Sorong dengan narasumber sesepuh Dr.A.E.Hukom S,Ked,  Wellem Isir,S,Sos.S,Ked dan salah seorang tokoh muda yang enerjik yaitu kepala dinas kesehatan Maybrat Melianus Atkana, SKM.

Pada tanggal 11/11 dilaksanakan kegiatan jalan sehat, kemudian simulasi kebakaran oleh TNI/Polri, Pemda dan Basarnas Sorong.Mengakhiri rangkaian kegiatan HKN ke-50 akan dilaksanakan kegiatan Bhakti sosial di Puskesmas Mayamuk Kabupaten Sorong pada tanggal 13/11, pembiayaan seluruh kegiatan HKN ini bersumber dari dana masing-masing dinas kesehatan se-Sorong Raya, BPJS, Poltekes, Stikes Sorong serta bantuan-bantuan lainnya yang tidak bisa disebut satu persatu, kata Santjojo. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.