Penting Lakukan Studi Kasus Amdal Pada Sektor Migas

IMG_3384

Lensapapua– Penanganan yang berkaitan dengan  masalah  analisa dampak  lingkungan (Amdal)  pada sektor minyak dan gas (Migas)  perlu dilakukan secara khusus, kata Wakil Bupati Sorong, Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, usai menutup kegiatan diklat usaha hulu migas  pada acara penutupan, Jumat (6/9).

Beberapa hal penting yang berkaitan dengan lingkungan sekitar beroperasinya perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas ini, di antaranya harus memperhatikan dampak lingkungan terhadap masyarakat di sekitar, baik khususnya masyarakat  yang ada di Kabupaten Sorong maupun di Papua Barat pada umumnya.

Melalui kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Sorong menyampaikan apresiasi kepada pihak Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Pusdiklat Cepu, Jawa Tengah, yang berkenan menyelenggarakan kegiatan ini. Tentunya kita berharap ada dampak positifnya, ujar Suka Hardjono.

“Hanya kami berharap kegiatan ini jangan hanya sebatas di saat ini saja, tapi perlu ditindaklanjuti di masa-masa yang akan datang, di beberapa daerah lainnya di Papua Barat ini. Karena dengan adanya kegiatan lanjutan akan menambah wawasan bagi aparatur dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasannya di lapangan,” katanya.

Ia menambahkan, bukan saja bisa dilaksanakan di wilayah Papua Barat semata, tapi bisa juga di daerah lain di luar Papua, khususnya daerah di mana ada perusahaan migas itu beroperasi.

Dengan harapan akan menjadi suatu kajian dalam bentuk  studi banding  yang pada intinya untuk mengetahui secara komprehensif rentang terjadinya permasalahan di lapangan  berkaitan dengan perusahaan yang bergerak  di sektor migas, harap Wakil Bupati Sorong. (AK/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.