Penandatanganan Pakta Integritas Awali Seleksi Penerimaan Polri

MANOKWARI, Lensapapua — Penandatanganan pakta integritas mewarnai pelaksanaan rangkaian seleksi dalam penerimaan calon anggota Polri terpadu tahun anggaran 2017 oleh panitia daerah di lingkungan Polda Papua Barat. Pembacaan dan penandatanganan pakta integritas itu dilakukan  oleh perwakilan panitia dan ikuti masing-masing dari panitia, orang tua, pengawas, calon taruna Akpol, calon siswa bintara dan tamtama.

Pakta integritas yang dibacakan secara bergantian dan diikuti masing-masing pihak tersebut, pada intinya menolak segala bentuk praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) selama proses seleksi berlangsung. Adapun 1156 calon siswa mengikuti Apel Penandatanganan Pakta Integritas ini. Panasnya terik matahari tidak menyurutkan semangat para casis mengikuti apel ini. Panitia penerimaan juga mengatakan bila masyarakat ada menemukan pantia ataupun peserta yang melakukan suap dalam proses penerimaan ini bisa dilaporkan ke pengawas internal atau eksternal serta bisa menghubungi outline 081240495417.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin Siregar.M.Si, saat memimpin jalannya adpel pembacaan dan penandatanganan pakta integritas bertempat di lapangan Bumi Marina, Senin (17/4) menegaskan, dengan dibaca serta ditandatangani pakta integritas itu, maka semua pihak yang terkait dalam penerimaan ini telah sepakat untuk menghindari segala bentuk kecurangan, yang terjadi dalam penerimaan Calon Siswa (Casis) anggota Polri Panda Papua Barat T.A. 2017.

Dia menegaskan, pelaksanaan setiap tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri mengedepankan prinsip “BETAH” yakni Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis. Sebab menurutnya Calon siswa merupakan aset dalam sumber daya manusia  menentukan kemajuan bangsa khususnya dalam hal ini Polri yang bertugas mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif. Setiap calon dituntut memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik berdasarkan berbagai aspek seperti : administrasi,kesehatan,  fisik, mental, dan kepribadian.

“Proses penerimaan dari awal hingga akhir diharapkan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Martuani.

Dia berharap calon taruna (catar) Akpol serta calon siswa (casis) Bintara dan Tamtama agar mulai menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku di lingkungan kepolisian.

“Seluruh catar dan casis agar membiasakan diri, mulai dari sikap, penampilan dan kedisiplinan. Selamat mengikuti seleksi dan semoga sukses,” ujar Martuani.

“Bagi Casis mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Seleksi kedepan masih panjang dan butuh persiapan yang matang, jangan lupa terus belajar dan berdoa. Semoga sukses,’’ tambahnya

Hadir pada kegiatan itu, para pejabat utama Polda Papua barat beserta Kapolres, panitia eksternal, perwakilan Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat Orang tua para calon siswa (Casis). (ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *