Pemkot Sorong Masih Pertimbangkan Pembangunan Rumah Sakit Jiwa

unduhan

Lensapapua–  Khawatir keluarga pasien sakit Jiwa lepas tangan, Pemda Kota Sorong masih mempertimbangkan pendirian Rumah Sakit Jiwa.

Permasalahan kesehatan jiwa tidak hanya terjadi di kota besar saja, di Kota Sorong pun saat ini masalah kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah yang perlu mendapat perhatian lebih dari Pemerintah.

Terkait tingginya angka penderita gangguan kesehatan jiwa di Kota Sorong, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong dr HE Sihombing, MM., mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong sebenarnya sudah berpikir untuk membangun rumah sakit jiwa dengan mendatangkan dokter jiwa.

Namun setelah berkonsultasi dengan para pakar terutama dengan dokter spesialis
jiwa, ternyata ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun rumah sakit jiwa salah satunya sikap keluarga penderita gangguan kesehatan jiwa akan lepas tangan.

Hal ini kata Sihombing akan jadi masalah dan beban rumah sakit maupun Pemerintah Daerah (Pemda), oleh sebab itu ide yang muncul saat ini lebih baik penanganan pasien gangguan kesehatan jiwa ditempatkan pada fasilitas yang tersedia, agar para petugas kesehatan yang sudah dilatih tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga, dengan kata lain keluarga tetap dilibatkan dalam penanganan
atau proses penyembuhan.

Selain persoalan tersebut, pembangunan rumah sakit jiwa dengan segala fasilitas penunjangnya termasuk mendatangkan dokter jiwa juga membutuhkan biaya yang besar.

Mengingat hal tersebut, maka saat ini Pemkot Sorong melalui instansi teknis sedang gencar memberikan pelatihan kepada petugas puskesmas yang merupakan ujung tombak pelayanan.  (yud/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.