Pemkab Sorong Pecat Sejumlah ASN Bermasalah

Lensapapua, Pemerintah Kabupaten Sorong akan memberhentikan dengan tidak hormat sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dilingkungannya. Pemberhentian ini merupakanlangkah tegas yang diberlakukan bagi semua ASN yang bermasalah. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Sorong, Cliff Japsenang, Jumat (2/3/2018).

Pemberhentian ini sebagaimana diatur dalam UU nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. “Setiap ASN harus menerimanya, karena terikat dinas sebagai pengabdi negara. Ketentuan undang-undangnya sudah sangat jelas dan harus dilaksanakan”, jelas Japsenang.

Lebih lanjut Cliff memaparkan, pemberhentian ini berlaku bagi ASN dengan tingkat pelanggaran berat ataupun juga yang terlibat masalah yang memiliki kekuatan hukum tetap. “Ini merupakan bagian dari penegakan disiplin bagi seluruh ASN di Indonesia”, kata Cliff Japsenang.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono menegaskan, pemecatan tersebut sudah memenuhi aturan dan ketentuan hukum. “Jadi tidak terlekkan bagi ASN yang melakukan pelanggaran berat sesuai dengan kriteria dalam UU nomor 53 tahun 2010”, ungkap Suka Harjono.

“Dalam waktu dekat Pemkab Sorong akan melakukan amanat UU Pegawai Negeri Sipil tersebut, memberhentikan dengan tidak hormat (atau dipecat) sejumlah ASN yang melanggar”, tegas Wakil Bupati. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.