Pemkab Sorong Menuju Pangan Sehat Organik

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Bahan makanan organik mulai menjadi tren di Indonesia. Selain menyehatkan, tanaman pangan organik juga ramah di kantong seluruh kalangan masyarakat dan juga membuka peluang usaha mikro dari hulu ke hilir.

Melihat peluang tersebut Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sorong menggagas pengembangan bahan pangan organik ini di wilayahnya.

banner 325x300

Kepala Dinas Tanaman Panngan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sorong, Frengki Y. Wamfama, S.Hut.,M.Si mengatakan pada tahap awal pihaknya melakukan pengenalan dan tata cara kelola tanaman pangan organik di bagian hulu, khususnya pemanfaatan dan penggunaan pupuk organik .

“Selama ini kita masih bergantung pada pupuk kimia yang terkadang terjadi kelangkaan. Disamping itu, penggunaan pupuk kimia dalam jangka waktu panjang justru akan mengurangi tingkat kesuburan lahan pertanian. Pupuk organik tentunya akan menumbuhkan tanaman pangan organik yang lebih menyehatkan untuk dikonsumsi” kata Frengki Wamafma.

Untuk itu pihaknya menggelar bimbingan teknis pengolahan dan pengelolaan pupuk organik bagi sejumlah kelompok tani di 5 distrik di Kabupaten Sorong, Rabu (29/11/2023).

“Sebagai pilot project skalanya masih terbatas. Hanya untuk konsumsi petani pengolah pupuk organik. Setidaknya secara perlahan bisa terlepas dari ketergantungan pada pupuk kimia dulu,” terang Wamafma.

Ia mengaku dinas yang dipimpinnya sudah menyiapkan perencanaan pengolahan pupuk organik dalam skala sedang dan besar.

“Kita sedang susun kerangka master plan-nya. Nantinya para petani di Kabupaten Sorong bisa menjadikan ini sebagai lahan bisnis sampingan. Selain memenuhi kebutuhan dalam daerah sendiri, kedepannya diharapkan dapat mensuplai ke luar daerah,” tutup Filep Wamfma. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.