Pemkab Biak Hapus Retribusi Pasar, Pajak Hotel dan Restauran 

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, saat melakukan pemantauan langsung di Pasar.
(Sumber : Humas Pemkab Biak Numfor)

Lensapapua, Biak – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk sementara menghapus retribusi di pasar. Penghapusan retribusi di pasar itu dinilai penting menyikapi persoalan akvitas transaksi masyarakat berkurang (khususnya lagi di pasar) terkait dengan wabah virus corona (Covid-19).

Selain pasar, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga akan menghapus pajak hotel, restotan dan sejumlah tempat usaha lainnya selama satu bulan (khusus bulan April). Tentang penghabusan pajak hotel, restauran dan tempat usaha lainnya sementara digodok.

“Penghapusan retribusi di pasar sangat penting, ini penting karena melihat kondisi di pasar yang tidak seperti biasanya semenjak adanya wabah virus corona,” kata Bupati yang juga bertindak sebagai Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Si ketika mengunjungi Pasar Inpres dan Pasar Dafuar serta Terminal Darfuar, Rabu (8/4/2020).

Bupati mengatakan, tak hanya retribusi pasar namun sewa-sewa lapak atau los untuk sejumlah pedagang juga akan diturunkan sebesar 50 %. Misalnya saja, kalau selama ini disewa sebesar Rp. 10 ribu per hari maka akan diturunkan menjadi Rp. 5.000 per hari dan kebijakan itu akan tindaklanjuti dalam bentuk surat resmi.

Selain itu, Bupati Herry A. Naap yang mentau dan berdiskusi langsung dengan masyarakat di pasar dan terminal juga meminta dukungan semua pihak, khususnya lagi masyarakat dalam upaya pencagahan virus corona di Kabupaten Biak Numfor..

Diakui, bahwa dampak perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat semenjak wabah virus corona cukup terasa dampaknya. Oleh karena itu, pemerintah juga telah memikirkan dan mempersiapkan sejumlah langkah menyikapi dampak dari virus corona di Kabupaten Biak Numfor.

“Saya paham benar bahwa nadi perekonomian juga salah satunya tidak terlepas dari aktivitas di pasar, pemerintah daerah telah memantau langsung perkembangan ekonomi di lapangan dalam beberapa hari terakhir dan tetap akan menyikapi kondisi yang terjadi,”

“Saya mengharapkan supaya masyarakat tetap tenang, karena kondisi ini dialami oleh semua daerah dan pemerintah daerah tetap akan menyikapinya. Dan khusus di Biak Numfor pada dasarnya stok kebutuhan pokok aman, pantauan di lapangan akan terus dilakukan dan kami tetap tindak tegas oknum-oknum yang memanfaatkan situasi,” lanjut Bupati.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.