Pejabat Daerah Wajib Sampaikan Harta Kekayaan

inspektur Bintuni I Wayan Sidia,ST

Bintuni, Lensapapua –  Masih maraknya aksi pungutan liar atau yang biasa disebut dengan pungli dan juga korupsi membuat Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni geram dan akan segera mengambil tindakan. Demikian hal ini disampaikan oleh Inspektur  Inspektorat Bintuni, I Wayan Sidia ST, kepada awak media di ruang kerjanya.

Oleh sebab itu, Inspektur Wayan menuturkan selain Pejabat daerah wajib untuk menyampaikan harta kekayaannya kepada pihak terkait. Selain itu Pemda pun akan segera menggelar kegiatan berupa sosialisasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dimana hal ini merupakan sebuah langkah awal pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintahan daerah kabupaten Teluk Bintuni. Khususnya bagi pejabat tinggi pratama, pimpinan SKPD dan juga para Bendahara.

Menurut Inspektur I Wayan Sidia ST rencana kegiatan sosialisasi LHKPN bagi para pimpinan SKPD serta Bendahara akan menghadirkan pihak Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK. Dimana tugas Deputi Bidang Pencegahan menyelenggarakan fungsi yakni : Perumusan kebijakan untuk sub bidang Pendaftaran dan Penyelidikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran Negara (PP LHKPN), Gratifikasi, Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat serta Penelitian dan Pengembangan; Pelaksanaan pencegahan korupsi melalui pendataan, pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN; Pelaksanaan pencegahan korupsi melalui penerimaan pelaporan dan penanganan gratifikasi yang diterima oleh Pegawai Negeri atau Penyelenggara NegaraPelaksanaan pencegahan korupsi melalui pendidikan anti korupsi, sosialisasi pemberantasan tindak pidana korupsi dan kampanye antikorupsi.

“Rencananya akan segera kami gelar kegiatan sosialisasi ini. Terkait rencana penyelenggaraannya secara lisan sudah kami sampaikan kepada bapak Bupati,  Dan beliau setuju,” ujar I Wayan Sidia di Kantor Inspektorat Teluk Bintuni,

Dikatakan lewat kegiatan sosialisasi tersebut nantinya maka semua penyelenggara negara di daerah Teluk Bintuni dapat mengetahui dan kemudian melaporkan daftar kekayaan pribadi. (ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.