Pakai JKN-KIS, Siti Puas dengan Pelayanan RSUD Biak Numfor

Lensapapua, Biak – Siti Maysitah (28) merupakan bidan di salah satu Puskesmas Daerah Biak Numfor yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pada tahun 2016, Siti sempat mengidap penyakit gastritis dan dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak Numfor. Sebagai pegawai kontrak di tempatnya bekerja, Siti mengemukakan berkat kepesertaan aktif JKN-KIS yang dimiliki Siti, seluruh biaya pengobatan dan rawat inapnya ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

“Pada waktu itu saya mengalami mual disertai muntah dengan perut kembung, kemudian saya memutuskan untuk pergi ke dokter keluarga. Saya kemudian dirujuk ke RSUD Biak Numfor karena keadaan saya tidak membaik dan didiagnosis mengalami penyakit lambung yaitu gastritis,” kata Siti, Rabu (21/04).

Siti yang merupakan peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas I menceritakan bahwa dalam proses pelayanan dari RSUD Biak Numfor sudah sangat baik. Siti merasa sangat dipermudah dengan sistem yang telah ditetapkan. Pengurusan administrasi yang runtut dan teratur dari BPJS Kesehatan Biak Numfor membuat Siti mendapat haknya sebagai pasien peserta JKN-KIS dengan cepat, lancar, dan sesuai prosedur.

“Pelayanan dari RSUD Biak Numfor sangat baik, saya tidak menemui kendala dan seluruh administrasi sampai klaim berjalan lancar sesuai prosedur. Walaupun saat itu saya tidak bisa mendapatkan fasilitas kesehatan kelas I sesuai hak dan dialihkan ke kelas II, karena menurut penjelasan rumah sakit saat itu kelas I sedang penuh,” ujar Siti.

Siti menambahkan bahwa bukan hanya dirinya saja yang menerima pelayanan prima dari BPJS Kesehatan. Siti menuturkan bahwa kedua orang tuanya juga sudah terbiasa mendapatkan manfaat kartu JKN-KIS dengan lancar dan tidak ada kendala sama sekali.

“Bapak dan ibu saya kalau berobat di dokter keluarga atau rumah sakit selalu mendapatkan manfaat dari JKN-KIS yang dimiliki mereka. Kebetulan ibu saya juga memiliki riwayat penyakit lambung dan disaat membutuhkan pelayanan, BPJS Kesehatan Biak Numfor selalu memberikan pelayanan yang baik,” terangnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.