Menko Marves Launching Sail Teluk Cenderawasih 2023

Menko Marves Launching Sail Teluk Cenderawasih 2023

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih, di Sarinah, Jakarta, Jumat (03/02/2023).

banner 325x300

Sail Teluk Cenderawasih akan diadakan di Provinsi Papua dan berlokasi di empat kabupaten yaitu Biak Numfor, Waropen, Kepulauan Yapen, dan Sarmi. Tahun ini tema yang diusung adalah ‘Memperkuat Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik’.

“Sail Teluk Cenderawasih akan menjadi rangkaian Sail Indonesia yang ke-13. Kita patut berbangga bahwa setelah penyelenggaraan Sail Raja Ampat pada 2014 dan PON XX pada 2021 lalu, tanah Papua sekali lagi berkesempatan untuk menampilkan keelokan dan kekayaannya,” buka Menko Luhut dalam sambutannya.

Kegiatan ini akan menjadi panggung bagi Papua untuk menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan dalam membangun daerah melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, swasta, dan masyarakat.

“Tiga fokus utama kegiatan ini adalah ekspor perikanan, investasi, dan pengembangan potensi daerah,” Tambahnya.

“Kegiatan ini agar dapat mengakselerasi peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor hasil kelautan. Hal ini meliputi percepatan pembangunan sarana/prasarana pendukung, penyiapan SDM yang kompeten dan berdaya saing, dukungan pasca panen, rantai dingin yang mendukung ekspor perikanan, dan regulasi yang mendukung iklim usaha,”Lanjutnya.

Pada Sail Teluk Cendrawasih ini juga diadakan forum investasi untuk menarik para calon investor yang dapat merangsang pembangunan daerah. Pelaksanaan pameran dan festival seni budaya yang berlangsung selama tiga hari ini juga adalah contoh baik dalam upaya mempromosikan potensi daerah.

“Saya berpesan agar Pemda dapat menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi, membeli, dan menggunakan berbagai produk lokal berkualitas dari daerahnya. Hal ini adalah bentuk konkret dari semangat Bangga Buatan Indonesia dan cinta produk dalam negeri,” tegasnya.

Sail Teluk Cenderawasih juga menjadi kesempatan untuk memperkuat semangat Bangga Berwisata di Indonesia. Kata Luhut, semangat ini perlu terus dihidupkan dalam rangka pemulihan perekonomian pasca pandemi, khususnya di sektor pariwisata.

“Saya mendukung berbagai inisiatif dan kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun ini sebagai rangkaian Sail Teluk Cenderawasih. Saya ingin agar semangat dan semarak kegiatan ini terus terjaga sampai pada puncak acara di November mendatang,” Tutur Menko Luhut.

Diharapkan kegiatan Sail Teluk Cenderawasih tidak hanya menjadi kegiatan yang sekali selesai, tetapi dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Sehingga berbagai program, aktivitas, dan pembangunan yang telah terinisiasi melalui kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan, khususnya oleh teman-teman pemerintah daerah, demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya sampaikan apresiasi kepada Provinsi Papua atas penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih. Saya harap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah,” tutup Menko Luhut.

Sementara itu, Plh. Gubernur Papua, melalui Plt. Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Kesra Suzana Wanggai, menyampaikan terima kasih dan apersiasi kepada Pemerintah Pusat atas dukungan dan perhatian melalui kegiatan Launching Sail Teluk Cendrawasih 2023.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada empat kabupaten atas komitmennya bersama-sama memberikan dukunga mengalokasikan Anggaran pada APBD 2023 demi terselenggara STC 2023,” Ucapnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat di Papua untuk menyukseskan penyelenggaraan STC 2023 ini, dengan harapan dengan adanya STC ini dapat meningkatkan kunjungan wisata dan minat investor di Provinsi Papua serta Kedaulatan Maritim Indonesia di Kawasan Pasifik.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.