Masyarakat Harap Program Kesehatan TMMD Dapat Merata

(seorang bapak paruh baya ketika mengantri resep obat, di giat Baksos kesehatan TMMD). fto.ian

BINTUNI, Lensapapua — Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni Kampung Desa Athibo dan Kampung Pasamai dua kampung yang berkesempatan menerima kunjungan pelayanan kesehatan dan telah sukses dilaksanakan dalam program Bhakti Sosial ( Baksos ), bekerja sama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Teluk Bintuni serta para relawan tenaga medis ini berharap, pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh satgas TNI merupakan sarana yang baik dalam mendukung program pelayanan kesehatan yang diharapkan dapat berkesinambungan dan merata. Demikian hal ini diungkapkan Alfino.Tiri, salah satu warga Athibo yang datang berobat dalam rangkaian  bhaksos yang di lakukan tersebut.

Pria paruh baya ini berharap program TMMD khususnya terkait pelayanan kesehatan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dan desa tempat sasaran TMMD ke 98 tahun 2017 ini. Diakuinya hal ini dinilai program TMMD banyak membantu tugas pemerintah meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. oleh sebab itu, pelayanan Baksos seperti ini sangat diharapkan dapat diadakan dan lebih menjangkau kewilayah pesisir perkampungan lainnya di Kabupaten Teluk Bintuni, yang akses pelayanan kesehatannya masih jauh dari harapan masyarakat.

Dirinya berterima kasih kepada jajaran Pangdam XVIII Kasuari melalui Dandim 1703/mkw bersama jajaran satgas TMMD ke 98 yang telah memilih Kabupaten Teluk Bintuni  khususnya dua kampung yang berada di ujung distrik Manimeri sebagai tempat pelaksanaan TMMD yang digelar serentak di seluruh wilayah Korem se Indonesia. Dia berharap pula masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni dapat menjadi sasaran pelaksanaan TMMD, sehingga ikut membantu mensukseskan kegiatan tersebut.

“Program yang juga bertujuan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita harapkan dapat tercapai dan sukses,” katanya.

Di tempat yang sama,  perwakilan Kemenkes RI mengatakan, program TMMD yang telah menjadi program rutin setiap tahunnya merupakan Semangat TNI dan Rakyat  dalam mempercepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI, menyasar dua kegiatan yakni fisik dan non fisik.

Sehingga untuk kegiatan non fisik yakni pelayanan kesehatan, penyuluhan, sosialisasi tentang kesehatan juga dinilai sebagai wujud bela negara, dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat serta peningkatan wawasan kebangsaan akan pentingnya berperilaku hidup sehat dan bersih.

Kata dia, program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh, dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan Pertahanan Negara,” tuturnya. (ian)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.