Masyarakat Apresiasi Pelayanan BPJS Kesehatan Pasca Diterapkannya New Normal

Lensapapua, Biak – Menghadapi kenormalan baru atau new normal, pelayanan BPJS Kesehatan semakin ditingkatkan. Hari ini, senin (08/05) perdana BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor mulai melakukan uji coba untuk mempersiapkan pelayanan di era new normal dengan tetap mengacu kepada pelaksanaan protokol kesehatan.

Uji coba penerapan pelayanan new normal di hari pertama ini mendapatkan respon yang positif dari peserta yang datang berkunjung. Salah satunya adalah Faradilah (23), peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang sedang mengurus penambahan anggota keluarganya menceritakan kesannya usai mendapatkan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor. Ia menyebut dengan apa yang telah diterapkan membuat masyarakat yang berkunjung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan sudah tidak merasa khawatir.

“Penerapan new normal ini menurut saya sudah bagus karena sudah sesuai standar protokol kesehatan. Saya merasa sangat diperhatikan oleh tindakan yang dilakukan oleh petugas BPJS Kesehatan seperti saat di lobby sudah ada wastafel untuk cuci tangan kemudian penggunaan masker yang diwajibkan, lalu juga dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas. Kami juga diingatkan oleh petugas untuk selalu jaga jarak antar peserta,” kata Faradilah.

Dirinya juga berharap agar protokol ini dapat berjalan dengan baik sehingga kesadaran masyarakat akan kesehatan dan gaya hidup yang disebut new normal ini dapat diikuti dengan baik dan tentunya dengan disiplin dari masing-masing masyarakat agar kita kembali normal serta bebas dari virus yang sedang melanda.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Budi Sukwara mengatakan pihaknya telah siap untuk menyambut era new normal. Menurutnya sebagai badan layanan publik, BPJS kesehatan telah menyiapkan protokol-protokol yang harus dilaksanakan untuk penyelenggaraan pelayanan secara tatap muka atau datang langsung ke Kantor Cabang.

“Mulai hari ini perdana kami lakukan uji coba untuk mempersiapkan pelayanan di era new normal. Pelayanan ini kami laksanakan dengan tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan serta tetap mengacu kepada physical distancing atau pembatasan jarak, pengecekan suhu tubuh peserta dan mewajibkan untuk selalu menggunakan masker. Pada bilik pelayanan telah kami berikan sekat antara petugas dengan peserta dan tidak lupa kami sediakan hand sanitizer,” ungkap Budi.

Selain menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor juga mengedukasi peserta atau calon peserta JKN-KIS yang datang berkunjung ke kantor untuk menerapkan Disiplin Plus. Disiplin Plus yakni menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1 meter atau 3 langkah, dan melakukan cuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah masuk ke kantor BPJS Kesehatan, serta meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.