Manuver Lapangan Latihan Pengamanan VVIP TA. 2020 Koopsau III, Berjalan Lancar & Terkendali

Lensapapua, Biak – Setelah di buka secara resmi oleh Pangkoopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, MM melalui virtual Latihan Pengamanan VVIP TA. 2020 dilanjutkan dengan manuver lapangan. Lanud Manuhua Biak dalam manuver lapangan memainkan simulasi salah satunya yakni melaksanakan latihan madical evacuation (Madivac) yang di gelar main aprron, Selasa (10/11).

Dengan melibatkan pesawat CN-235 dari Skadron Udara 27 disimulasikan bahwa Lanud Manuhua untuk segera menangani ada penumpang VVIP yang perlu mendapatkan penanganan medis yang sangat darurat.

Satu tim kesehatan bersama dengan tenaga dokter dan I unit ambulance yang sudah siaga dengan sigap menolong penumpang VVIP yang memerlukan penanganan medis langsung di bawa menuju RS. Manuhua dengan pengawalan dari POMAU, itulah kegiatan manuver latihan Pengamanan VVIP tahun 2020 yang dilaksanakan di Lanud Manuhua Biak.

Selain itu para penembak Jitu atau sering disebut dengan sniper dari Batalyon Paskhas 468 Sarotama juga diterjukan dalam latihan Pengamanan VVIP. Para sneper dengan senjata jenis LSR-Cyclone kaliber 7,62 mm ini mengambil posisi sudut rawan yang secara aktif melumpuhkan setiap ancaman yang datang mengganggu pejabat VVIP maupun tamu negara.

Penembak jitu atau sniper sendiri merupakan orang yang memiliki keahlian khusus dalam menembak dengan tepat sasaran dari berbagai jarak efektif tembak dan para sniper juga dikenal mahir berkamuflase dengan vegetasi alam sekitar, untuk itu menjadi seorang sniper tidaklah mudah.

Selama berlangsungnya manuver lapangan latihan Pengamanan VVIP terus mendapatkan pengawasan ketat dari Tim Pengawas dan Evaluasi dari Mabes TNI yang dipimpin oleh Kolonel Pnb Tata Budi Pratama, Tim asistensi dari Paspampres Mayor Inf Reno.

Sementara itu pada saat kegiatan manuver lapangan latihan Pengamanan VVIP ini baik yang dilaksanankan di Lanud Johanes Abraham Dimara Merauke maupun yang dilaksanakan di Lanud Yohanis Kapiyau Timika berjalan lancar aman dan terkendali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.