Malaria Paskal Bisa di Tangani dengan Cepat Berkat JKN-KIS

Lensapapua,Biak – Malaria adalah penyakit serius dan fatal yang disebabkan oleh parasit yang menginfeksi jenis nyamuk Anopheles  yang menghisap darah manusia. Munculnya gejala melalui tiga tahap selama 6-12 jam, yaitu menggigil, demam dan sakit kepala, lalu mengeluarkan banyak keringat dan lemas sebelum suhu tubuh kembali normal. Wilayah Indonesia Timur sendiri termasuk dalam kategori daerah endemis tinggi malaria sehingga untuk anak-anak berumur di bawah lims tshun dianjurkan untuk tidur menggunakan kelambu dan body Lotion anti nyamuk karena sangat rentan terkena penyakit malaria.

Mercy Tiyahahu (33) adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS ketika anak keduanya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak Numfor. Mercy harus menerima kenyataan ketika anaknya, Paskal Putra Melan yang waktu itu baru berumur 1 tahun terjangkit penyakit malaria. Ibu dari dua orang anak ini sangat panik ketika badan si anak demam tinggi dan hilang nafsu makan.

“Saya sangat panik ketika anak saya demam tinggi. Malam itu juga saya dan suami segera membawanya ke RSUD Biak Numfor untuk berobat. Sampai di RS saya ditanya apakah anak saya mempunyai kartu JKN-KIS. Untung bisa saya tunjukkan,” ujar Mercy yang merupakan istri dari Pekerja Penerima Upah (PPU) Kelas II (07/12).

Mempunyai kartu JKN-KIS sangat meringankan beban yang harus ditanggungnya. Pelayanan yang tanggap dan cepat juga diperlihatkan dokter dan perawat kepada anaknya sebagai peserta JKN-KIS, sehingga Magdalena bisa tenang dan yakin bahwa peserta JKN-KIS dilayani dengan baik.

“Sebagai peserta JKN-KIS di Biak Numfor, pelayanan di RS tidak dibeda bedakan. Waktu anak saya di rawat pada tahun 2019, pelayanannya baik dan kami juga ditempatkan di ruangan kelas II sesuai hak saya,” ucap Mercy.

Menjadi seorang ibu yang anaknya sakit tentu bukan perkara yang mudah. Bagi Mercy, anak menjadi prioritas ketika sakit. Ia juga sangat senang kartu JKN-KIS nya mempunyai manfaat, terutama bagi anaknya yang sedang sakit.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.