Mako Batalyon Brimob Akan di Bangun di Kampung Sunyar Distrik Yendidori Biak

Lensapapua, Biak – Dansat Brimob Polda Papua Kombespol Godhelp. C. Mansnembra SIK, didampingi Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Joseph Enock SIK bersama Danki I Yon C Pelapor Biak Iptu Sutriyono melaksanakan kegiatan penandatangan Berita Acara Pelepasan hak ulayat tanah yang diperuntukan untuk Pembangunan Mako Batalyon Pelopor Biak, di Kampung Sunyar Distrik Yendidori Biak, Senin (12/03/2021).

Menurut Dansat Brimob Polda Papua, pelaksanaan pembangunan Mako Batalyon di Biak ini karena Biak merupakan wilayah yang cocok untuk stanby pasukan, selain itu seiring dengan kedepan adanya agenda besar di Kabupaten Biak Numfor yakni akan ada pembangunan Bandara Antariksa, serta adanya isu pemekaran wilayah, untuk itu kedepan dengan adanya Mako batalyon diharapkan bisa menunjang tugas dan tanggungjawab Kepolisian terlebih khusus Brimob untuk menjaga keamanan wilayah sekitar.

“Persiapan lahan ini dilakukan berdasarkan perintah Dankorps Brimob yang diteruskan dengan koordinasi bersama Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri yang langsung merintahkan kami agar datang ke Biak untuk segera berkoordinasi dengan semua pihak-pihak terkait,”ungkapnya.

“Tanah yang baru saja diserahkan oleh pemilik hak ulayat ini seluas 15 hektar, yang akan kita gunakan untuk pembangun Mako sekitar 5 hektar, sementara yang 10 hektar nya karena disini memang sudah di pakai masyarakat untuk berkebun maka akan kami tanami pohon – pohon untuk jangka panjang dan seterusnya akan dipakai sebagai daerah latihan,” tambah Dansat Brimobda Papua.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya sudah berkordinasi bersama semua pihak terkait untuk adanya pembangunan Mako Batalyon di wilayah ini. Sementara untuk sumber Anggaran pembangunannya adalah berasal dari pusat yang akan langsung dibahas oleh DPR-RI.

“Kami berharap kedepan yang paling penting adalah kesejahteraan masyarakat, anak-anak Biak untuk bisa dipersiapkan untuk bergabung menjadi anggota Brimob, apalagi nantinya kedepan ada wacana untuk penerimaan 14.000 anggota Brimob, jadi saya harap anak-anak disini harus siap, olehkarena itu apabila ada penerimaan tahun ini atau tahun depan kalo boleh kami ambil anak-anak dari Biak,”ungkapnya.

Kapolres Biak Numfor, AKBP Andi Joseph Enock SIK menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena sudah menghibahkan Tanah kepada Kepolisian khususnya kepada Sat Brimobda Polda Papua, dengan harapan kedepan dengan adanya pembangunan ini bisa membawa kemajuan.

“Ini suatu hal yang luar biasa, walaupun hari ini banyak gejolak dalam hal ulayat tanah namun ada hibah yang diberikan ini patut kita suyukuri, semoga kedepan dengan sendirinya banyak hal ditempat ini akan berubah, lebih maju pastinya. Saat ini Kepolisian sedang melaksanakan rekrutmen anggota Polri dan tentunya kami pihak kepolisian akan melihat serta memperjuangkan bila ada anak-anak disini yang siap menjadi anggota Polri, semoga hal ini menjadi berkat buat kita semua,” ujar Kapolres.

Sementara itu, Danki I Yon C Pelapor Biak berharap Dukungan dari semua pihak untuk adanya pembangunan Mako Batalyon Brimob Biak, begitu pula dukungan penuh dari Mabes terkait pendanaan agar pelaksanaan di lapangan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang di rencanakan.

“Terimakasih atas semua pihak yang telah mendukung sejauh ini, sehingga hari ini bisa dilakukan pelepasan hak ulayat dan kedepan kami bisa gunakan lahan ini untuk kepentingan kepolisian dalam hal ini Brimob, saya harap kedepan semua bisa berjalan sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

Disisilain mewakili Pemilik Ulayat dan Mananwir Mnu Rarpimbo Daniel Dimara mengatakan dukungan lahan yang diserahkan untuk Sat Brimob ini adalah untuk kepentingan anak cucu kedepan, sehingga bisa bermanfaat, selain itu dengan harapan bisa adanya pemerataan Pembangunan.

“Kami merespon baik dan mendukung kegiatan atau pekerjaan yang nantinya akan dilakukan ditempat ini, agar kedepan Polri bisa memperhatikan dan memprioritaskan anak-anak kami disini, dan kami akan menyiapkan anak-anak kami dari sekarang agar siap menjadi anggota Polri, semoga pembangunan kedepan berjalan lacar dan bisa bermanfaat bagi anak cucu kami kedepan,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.