Site icon Lensapapua.com

LLK – UKM Biak Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Dengan 7 Kejuruan, Diikuti 144 Peserta

Lensapapua, Biak – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor melalui Balai Pelatihan Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah (LLK UKM) Biak melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dengan 6 Kejuruan yakni Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK, Elektronika, Listrik, Otomotif, Las SMAW3g, Bangunan dan Garmen Apparel.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Biak Numfor Semuel Rumakeuw, SH mewakili Penjabat Bupati Biak, Sofia Bonsapia, SH.,M.Hum, di Aula LLK-UKM Biak, Senin (13/05/2024).

Kepala LLK – UKM Biak Yalon Kbarek menyebut kegiatan ini bertujuan untuk membekali serta mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan produktivitas dan kesejahteraan pada pencari kerja, sebagai bekal ilmu pengetahuan sehingga mampu untuk bersaing dalam dunia kerja sesuai dengan bidang kerja masing-masing dan dapat menciptakan lapangan kerja secara mandiri, meningkatkan ekonomi keluarga untuk menuju kesejahteraan.

“Dengan jumlah peserta sebanyak 144 peserta dari 7 kejuruan, mereka adalah yang lolos seleksi dari 513 pendaftar. Untuk jam belajarnya 8 jam per hari, selama 22 hari atau 180-340 jam karena waktu belajar masing-masing kejuruan berbeda-beda,” Jelasnya dalam laporan kegiatan tersebut.

Sementara dalam sambutannya, Pj Bupati menyampaikan apresiasi dan terimakasih bagi para instruktur dan semua jajaran yang ada di UPTD LLK-UKM Biak serta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor terhadap kinerja yang tulus sehingga pelatihan berbasis kompetensi ini bisa kembali terlaksana.

“Bagi peserta pelatihan berbasis kompetensi untuk bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik sampai tuntas supaya setiap materi yang diberikan dapat dipahami dengan baik, banyak yang mau ikut tapi kalianlah yang terpilih jadi ikuti dengan baik,” Ujarnya.

Ia juga berpesan supaya di samping mengasah ilmu dan keterampilan pelatihan kompetensi ini, peserta juga bisa mengasah mental dan etika karena pembentukan sikap dan etika bekerja juga penting diperhatikan.

“Karena buat apa kita pandai terampil secara teknis namun secara etika kurang, maka dunia kerja tidak akan pernah menerima kehadiran saudara. Oleh karena itu mari kita melatih bekerja dengan terampil dan beretika agar suatu saat nanti kita sudah terbiasa dengan aktivitas dan perilaku yang baik,” Ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Biak Numfor Djoni Domeng dalam kesempatannya mengatakan bahwa pelatihan ini adalah kesempatan emas yang harus dipergunakan sebaik mungkin untuk belajar karena menghadirkan instruktur yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Kami ucapkan selamat datang, selamat mengikuti, dengan catatan ikut semua aturan yang ada dengan disiplin,” Ucapnya.

Djony menegaskan bahwa sudah banyak lulusan Cepetan dari LLK-UKM yang mengikuti pelatihan ini sudah masuk dalam dunia kerja dan banyak yang langsung diterima oleh perusahaan atau badan usaha karena memang sudah sangat kompeten.

“Untuk yang sekarang angkatan ini sangat diharapkan bisa menunjukkan kemampuan kalian, orang lain bisa kenapa kamu tidak bisa jadi jangan disia-siakan kesempatan ini untuk belajar,” Pungkasnya.

Exit mobile version