Litbang Pertanian Dukung Dari Segi Teknologi Dalam Peningkatan Produksi

banner 120x600
banner 468x60

Kepala BPTP Papua Barat Jacky (1)

Lensapapua – Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat Jacklin Hiasinta mengemukakan, bahwa pihaknya dari Litbang Pertanian  dalam upaya peningkatan produksi mendukung dari segi teknologi, katanya di Aimas, Selasa (19/1).

banner 325x300

Upaya itu, baik mulai dari faritas benih unggul melalui teknologi padi sawah itu melalui berbagai pelatihan dari kita di BPTP Papua Barat, ujarnya.

Sejauh ini karena kami sebagai penghasil teknologi, kata Jacklin,  untuk penyediaan faritas unggul padi dengan mendisuplai bahwa ini jenis padi maupun jagung unggul, dan akan diperbanyak oleh setiap dinas yang ada.

Jadi ada teknologi pemupukan, katam  yang akan kita berikan.  Kalau terkait dengan benih, ya kita ada Unit Pengolah Benih Sumber (UPBS)  dari balai dan kemudian kita perbanyak di sini yang langsung diberi kepada penangkar atau petani dengan benih vondationship, stoksi kemudian menghasilkan atentionship yang ditanam petani yang akan dijadikan beras.

Kalau soal kulitasnya saja memang sangat berkualitas.  Jadi tugas kami di BPTP menguji, dan setelah itu baru melepas ke petani, tapi ada lagi balai sertifikasi untuk menghasilkan teknologi faritas unggul, akuinya.

Ketika ditanya awak media dengan kondisi sawah di Kabupaten Sorong yang kebanyakan adalah sawah tadah hujan, kembali Jacklin, menjelaskan bahwa pihaknya ada benih-benih padi inpari, dan jenis padi itu sudah dikaji yang kita pakai.

Jadi, dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat ini, ia berharap bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam upaya peningkatan swasembada beras yang ditunjang dengan penyiapan faritasunggul maupun pemupukan.

  “Artinya, kalau sebelumnya hanya berada pada kisaran 3 ton per hektarenya, ya biasa naik menjadi 5 ton setiap hektare,” termasuk pemasukan benih, pupuk  agar bisa signifikan pangan bisa tercapai, sehingga kita tidak perlu impor lagi,   harapnya.  (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.