KPU Biak, Resmikan Kampung Sunde Biak Timur Sebagai (DP3) Partisipatif

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Sebagai tindak lanjut Rapat Pleno KPU Kabupaten Biak Numfor, maka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Biak Numfor pada kamis (16/9 2021) meresmikan Kampung Sunde Distrik Biak Timur sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dilakukan di Balai Kampung Sunde Distrik Biak Timur.

banner 325x300

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan Komisioner KPU Biak Numfor, jajaran Sekretariat serta Ketua bawaslu Biak Numfor serta Kepala Distrik Biak Timur,  Kepala Kampung Sunde, Ketua Bamuskam , Tokoh Adat, Tokoh Perempuan serta tokoh Agama di Kampung Sunde.

Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor, Mathias Jan Morin dalam sambutannya menyampaikan penetapan Kampung Sunde sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) merupakan upaya KPU Kabupaten Biak Numfor untuk membangun Demokrasi dari Kampung karena KPU sebagai penyelenggara Pemilu sangat membutuhkan peran aktif Pemerintah Kampung dan masyarakat kampung untuk bersinergi membangun Demokrasi terutama dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Biak Numfor juga memberikan apresiasi atas semangat Kepada Kampung dan Ketua Bamuskam Sunde yang berinisiatif melaksanakan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan secara partisipatif dan bersinergi dengan KPU Kabupaten Biak Numfor untuk bersama-sama membangun demokrasi di Kabupaten Biak Numfor yang dimulai dari Kampung Sunde.

“Atas nama Komisi Pemilihan Umum, saya menyatakan Kampung Sunde Distrik Biak Timur secara resmi menjadi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Kabupaten Biak Numfor dan di Provinsi Papua, “ucap Jan Morin dihadapan tamu undangan saat meresmikan.

Sementara itu, Kepala Kampung Sunde, Nataniel Swabra berharap agar Kampung Sunde dapat dijadikan percontohan Kampung Demokrasi dan mendapat dukungan masyarakat mengingat program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP#) yang dilaksanakan bersama KPU Biak Numfor saat ini merupakan swadaya bersama KPU Biak Numfor sehingga masyarakat atau kader yang dibentuk tidak dibiayai nanum KPU Biak Numfor akan memberikan pendampingan dan memberikan tambahan wawasan terkait kepemiluan dan demokrasi.

Untuk itu setelah penetapan Kampung Sunde sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan Pembentukan dan penetapan kader DP3 sebanyak 25 orang yang akan dibahas bersama Bamuskam.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.