Korem 173/PVB Gelar Sosialisasi Binkom AGHT Bagi Warga Binaan di Biak 

Lensapapua,Biak – Korem 173/PVB menggelar sosialisasi pembinaan komunikasi (Binkom) Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) cegah konflik sosial kepada 100 orang masyarakat Biak Numfor binaan Korem 173/PVB bertempat di Aula Graha Korem 173/PVB Biak, Senin (25/10/2021).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Sudaryanto, S.E., mewakili Danrem 173/PVB, didampingi ketua tim Sintel TNI Angkatan Darat Kolonel Kav Jala Argananto, M.A. beserta tim.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah Korem 173/PVB dihadapkan dengan posisi kita sebagai salah satu wilayah yang rawan konflik, terutama konflik yang bersifat SARA,” Ujar Kasrem dalam sambutan Danrem yang dibacakannya.

Lebih lanjut dalam sambutan Danrem 173/PVB disampaikan bahwa pencegahan konflik merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik dengan peningkatan kapasitas kelembagaan dan sistem peringatan dini.

“Untuk mencegah terjadinya konflik di tengah masyarakat, maka masyarakat harus mempunyai rasa toleransi saling menghargai dan hormat menghormati antar sesama, hal itu akan membuat masyarakat hidup rukun dan damai”, ungkap Kolonel Inf Sudaryanto dalam sambutan Danrem yang dibacakanya.                                                                          “Deteksi dini, cegah dini dan ketajaman menganalisa akan mengantisipasi setiap perkembangan yang terjadi, oleh karena itu diharapkan dengan kegiatan Binkom ini dapat meningkatkan kepekaan setiap unsur masyarakat dalam menyikapi setiap perkembangan Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) di wilayah Korem 173/PVB”, ucapnya Kasrem.

Sementara itu Asintel Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto, dalam sambutanya yang dibacakan oleh kolonel Kav Jala Argananto, M.A. mengajak segenap komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga bangsa dan negara ini.

“Segera laporkan jika ada hal yang dianggap bisa menimbulkan masalah, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujar Paban VI/Hublu Sintelad dalam sambutan Asintel Kasad yang dibacakannya.

“untuk itu guna mencegah terjadinya konflik sosial, perlu adanya upaya yang tepat untuk dilakukan, terutama di lingkungan masyarakat dan merupakan salah satu upaya kita bersama, “imbuhnya.

Lebih lanjut Dalam sambutannya Asintel Kasad mengucapkan terimakasih kepada Danrem 173/PVB atas terlaksananya kegiatan Binkom AGHT, khususnya juga kepada narasumber yang sudah meluangkan waktunya untuk membantu pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini.

“Saat ini seluruh dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19, secara ekonomi dampak kebijakan pemerintah dapat menimbulkan pro dan kontra , disinilah masyarakat harus cerdas dalam menentukan sikap yang bijak,” tegas Asintel Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutannya yang di bacakan kol Kav Argananto.

Adapun kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Binkom AGHT cegah konflik sosial dari narasumber yang disampaikan oleh pemapar dilanjutkan dengan tanya jawab.                                      kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.