Koopsau III Panen Raya Jahe di Desa Binaan, Yakni Desa Dofyo Wafor Biak

Lensapapua, Biak – Ada sebuah kalimat renungan buat kita semua, “usaha tidak mengkhianati hasil”, itulah yang dirasakan oleh Koopsau III terhadap Desa Binaan dengan mengembangkan konsep ketahanan pangan di lahan pertanian masyarakat kampung Dofyo Wafor kabupaten Biak Numfor yang sudah dimulai sejak awal tahun 2020 yang lalu.  

Pangkoopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M bersama unsur Forkompimda Kabupaten Biak Numfor, antara lain Danrem 173/PVB, Danlanal Biak, Kapolres Biak dan Kepala Dinas Pertanian Biak Numfor mengunjungi desa Dofyo Wafor guna melakukan panen raya jahe bersama warga masyarakat dilokasi lahan pertanian jahe yang sudah siap panen (Kamis, 27/08/2020).

Kedatangan Pangkoopsau III, disambut Masyarakat desa Dofyo Wafor dengan tarian adat “tarian wor” yang mengkiaskan suka cita masyarakat dalam menyambut kedatangan seorang pahlawan yang masuk ke kampung mereka.  Bahkan warga setempat khususnya mama-mama terlihat dari pagi berlatih secara spontanitas menciptakan sebuah lagu sebagai ungkapan Terimakasih khusus untuk Panglima Koopsau III yang telah berjasa membina desa dan sangat peduli dengan warga kampung.

“Kegiatan panen raya jahe diawali dengan penampilan lagu spontanitas oleh kaum ibu dengan lirik yang sangat mengharukan, melukiskan desa wafor yang berada ditengah rimba pulau biak, jauh dari keramaian kota, namun wafor adalah desa disebuah pinggir sungai yang indah dan sejuk bagai mutiara samudra. Di desa inilah Koopsau III mengabdi dan berbagi bersama rakayat, kami bangga denganmu Panglima sudah masuk kampung kami, itulah sepenggal kata-kata terindah dalam lirik lagu persembahan buat Panglima Koopsau III. demikian dijelaskan Kepala Desa Dofyo Wafor Bapak Elfius Kafiar.

Dalam sambutan singkatnya sebelum pelaksanaan panen raya jahe bersama masyarakat, Panglima Koopsau III menjelaskan, salah satu program Koopsau III dalam bidang pembinaan wilayah yang dilaksanakan oleh Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Koopsau III adalah dengan membangun desa binaan, khususnya dalam memberdayakan masyarakat melalui pembukaan lahan pertanian seperti di desa wafor ini berupa tanaman jahe.

“Koopsau III dalam hal ini tidak hanya membantu dalam supervisi cara membuka lahan dan bercocok tanam saja, namun mencari solusi bagaimana  hasil produksi pertanian tersebut bisa dipasarkan ke luar Biak, sehingga secara berkesinambungan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ini adalah tugas kita semua,” tegas Pangkopsau III.

Sementara itu Aspotdirga Koopsau III dalam keterangan persnya menjelaskan bahwa Koopsau III telah membentuk 8 (delapan) desa binaan di wilayah Kabupaten Biak Numfor, khususnya dalam membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan sekaligus ikut memberdayakan masyarakat melalui upaya-upaya peningkatan kesejahteraan.  

“Dari delapan desa tersebut, telah dilakukan upaya pembukaan lahan pertanian dengan menanam berbagai komoditas seperti jahe, jagung, cabe, tomat, sawi, sayur-sayuran dan singkong.   Kebetulan desa Dofyo Wafor memiliki tanah yang subur dan cocok untuk tanaman jahe, dan ini terbukti dengan pengelolaan yang bagus, maka hari ini kita bisa panen raya, ditempat ini saja bias produksinya sekitar 1,5 ton belum lagi dilahan lain masih di desa ini, sehingga hasil panen nantinya diperkirakan seluruhnya mencapai 4 ton jahe,”jelasnya.

Smeentara itu Ketua kelompok tani Jahe Desa Dofyo, Bapak Zakaria, mengucapkan terimakasih kepada Koopsau III yang telah membantu para petani desa dalam cara bertani yang baik, mulai dari pembukaan lahan, pemberian bibit dan pemasaran hasil panen.  

Disisi lain, Kadis Pertanian Biak, I Made Suaryadana menjelaskan bahwa komuditas jahe memang merupakan salah satu komuditas unggulan di wilayah Biak, sehingga dengan adanya program desa binaan dari Koopsau III ini membuat para petani Biak semakin bersemangat dan tentunya akan menghasilkan produksi yang lebih banyak lagi dari sebelumnya, dan ini tentunya akan bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Biak.

Usai panen raya Jahe, Koopsau III memberikan bantuan sembako ke 8 desa binaan di wilayah Kabupaten Biak Numfor, sebagai bentuk kepedulian  Koopsau III kepada masyarakat di tengah kesulitan ekonomi di masa pandemic Covid-19.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.