Kontestasi Pilkada Maybrat Berakhir, Kapolda Damaikan Karya dan Sako

 

Kapolda PB Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si (tengah) saat mendamaiakan Paslon SAKO dan Karya

Maybrat, Lensapapua — Kontestasi politik kedua Paslon di Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Maybrat telah berakhir, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si mengajak para kotestan Calon Kepala Daerah dari masing – masing kubuh yakni oleh pasangan nomor urut 1 Drs. Bernard Sagrim, MM-Drs. Paskalis Kocu, M.Si (SAKO) dan pasangan nomor urut 2 Karel Murafer, SH, MA-Yance Way, SE, MM (KARYA), harus segera kembali bersatu, menjaga menjaga intoleransi dan perdamaian, agar kerukunan kembali terjaga.

Pesan ini disampaikan Kapolda
Pada hari Selasa Tanggal 16 Mei 2017 kemarin, bertempat di RM  Sari Muut Kambuaya Distrik Ayamaru Timur Kabupaten Maybrat, saat memprakarsai pertemuan bersama  dengan Pasangan Calon Bupati Drs.Bernatr Sagrim,MM- Drs.Paskalis Kocu,M.Si dan pasangan Calon Karel Murafer,SH,MA -Yance Way,SE,MM.

Kapolda Brigjen Pol Drs Martuani Sormin, M.Si yang saat itu didampingi juga pejabat dan petinggi TNI / Polri antara lain, Ka Binda Provinsi Papua Barat Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon, Karo Ops Polda Papua Barat Kombes Pol Drs.Moch.Sagi, Direskrimum Polda Papua Barat Kombes Pol Drs.Bonar Sitinjak,SH,MH,SSTMK, Direktur Intelkam Polda Papua Barat Kombes Pol Dedi Wiratmo,S.Ik, Direktur Pol Air Polda Papua Barat Kombes Pol G.R Gultom,S.Ik, Direskrimsus Polda Papua Barat Kombes Pol Drs Parlindungan Silitonga,SH, Kasat Brimobda Polda Papua Barat Kombes Pol Desmon Tarigan, Wakasat Brimobda Polda Papua Barat Johan Sitorus,SH, Ketua Gakumdu Polda Papua Barat AKBP  Romilyus Tamtelahitu,S.Sos,S.Ik,M.Krim, Ketua DPRD Maybrat Ferdinando Salossa,SE,  Menegaskan Kedua kubuh Paslon yang bertikai selama Pilkada hingga menyebabkan PSU itu pun harus dapat menunjukkan sikap gentle sebagai seorang tokoh nasional yang berjiwa besar dalam menberikan pemahaman yang benar akan politik kepada masyarakat pendukungnya.

” Semua pihak yang pernah bertarung dalam Pilkada Maybrat saya harap dapat kembali bersatu, saatnya kita rukun kembali, menjaga toleransi dan perdamaian di daerah ini. Dan saya meminta kepada Pasangan Calon Karel Murafer,SH,MA – Yance Way,SE,MM agar menghimbau kepada pendukungnya agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya tindak pidana dan meminta kepada Pasangan Calon Drs.Bernard Sagrim,MM – Drs.Paskalis Kocu,M.Si agar pendukungnya tidak melakukan eforia secara berlebihan yang dapat memancing terjadinya bentrokan antar massa pendukung,”Ucap Kapolda

Potret bersama

Kepada Pasangan Calon yang menang, Jendral Bintang Satu ini juga berharap Paslon yang menang agar dapat merangkul Pasangan Calon yang kalah. Sehingga secara bersama -sama membangun Kabupaten Maybrat karena Pasangan Calon yang menang adalah merupakan putra terbaik Kabupaten Maybrat.

Hal ini dengan tujuan mengajarkan kepada Pemimpin rakyat tersebut harus dapat merealisasikan kepentingan dan kehendak rakyatnya secara bertanggung jawab sesuai potensi yang ada untuk mensejahterakan masyarakat daerahnya.

Dimana kesemuanya itu berdasarkan  5 dimensi dan tujuan dalam pemilihan kepala daerah secara langsung, yaitu, mengapresiasikan HAM dalam bidang politik, mewujudkan prinsip demokrasi partisipatif (asas partisipasi universal), mewujudkan tatanan keseimbangan kekuasaan antara eksekutif dan legislatif daerah, mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat madani yang egalite, mewujudkan tata kelola pemerintahan derah sesuai dengan prinsip good governance, serta memperkuat kemandirian daerah dan berotonomi. Kesemuanya berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 yakni untuk melaksanakan kedaulatan rakyat.

” Saya juga harap agar segera dilakukan rekonsoliasi pasca pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Maybrat supaya aktifitas masyarakat kembali normal,”Tukas Kapolda

Dengan demikian, agar kedepannya dalam Pelaksanaan pemungutan suara yang baik jangan lagi dinodai, jangan dikotori dengan hal – hal yang dapat saling merugikan kedua belah pihak dan orang lain. Sehingga agar  yang menang jangan jemawa, yang kalah harus menerima dengan lapang dada.

Seperti diketahui Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang diperintahkan Mahkamah Konsitusi (MK), dijalankan oleh KPU Maybrat, di TPS 01 Kampung Irohsohser, Distrik Aitinyo Tengah, Senin (15/05/2017) lalu, Pasangan KARYA berhasil mengungguli SAKO dengan hasil 30 suara untuk KARYA dan 27 suara untuk SAKO. Namun karena Pasangan SAKO sudah memiliki modal 29 suara sah dari Pilkada 15 Februari silam, maka mereka berhak atas kemenangan dalam Pilkada secara keseluruhan, dengan selisih suara 26 suara. (Red/ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.