Kementrian ESDM & PT. PLN UP3 Biak Kunjungi Lokasi Pemasangan SPEL dan Talis Di Kampung Dousi

Lensapapua, Biak – Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Lakukan Kunjungan Lapangan Pemasangan SPEL dan Talis di Kampung Dousi, Distrik Biak Barat Kabupaten Biak Numfor, Kamis (29/4/2021)

Dalam kunjungannya, Direktur Perencanaan dan pembangunan Infrastruktur, Hendra Iswahyudi menyampaikan, program CSR ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat. “Mudah – mudahan peralatan ini (SPEL dan Talis) terawat berkesinambungan sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara terus menerus, apabila ada masalah teknis dapat disampaikan ke PLN agar dapat diperbaiki,” kata Direktur Perencanaan dan pembangunan Infrastruktur, Hendra Iswahyudi

Manajer PT. PLN (Persero) UP3 Biak, Y. Soedarmono menjelaskan bahwa, kunjungan lapangan yang dilakukan oleh Kementrian ESDM dalam rangka melihat sejauh mana keberhasilan pembangunan SPEL dan Talis di Kampung Dousi sebagai Pilot Project dari PT. PLN (Persero).

“Di desa Dousi itu ada 21 Talis dan 1 SPEL yang kita pasang, sementara di Desa Mansesi ada 17 Talis dan 1 SPEL. Jadi ini untuk menjawab apa yang menjadi kerinduan masyarakat kampung, dan ini menjadi awal dimana masyarakat dapat menikmati terang di malam hari, walaupun saat ini hanya menggunakan 1 Talis dengan kapasitas 500 watt yang bisa digunakan selama 4 – 6 hari tetapi bisa membantu masyarakat disana,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya penerangan di Kampung Dousi dapat mendorong kemajuan dari sektor pendidikan, ekonomi, dan masyarakat juga dapat tertolong. “Kami juga berharap dapat terus melayani desa – desa terpencil, karena Talis ini merupakan cara cepat mengalirkan listrik, penerangan di desa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Dousi, Yohanes Kmur menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementrian ESDM dan PT. PLN (Persero) yang telah membangun SPEL dan Talis di Kampung Dousi.

Salah satu Gembala Gereja, Yohanes Warwer menyampaikan rasa hormatnya kepada Kementrian ESDM dan PT. PLN (Persero) yang telah menjawab pergumulan masyarakat terkait penerangan di Kampung Dousi.

“Setelah adanya SPEL dan Talis, masyarakat dapat melakukan aktivitas baik siang maupun malam, sehingga kami mewakili masyarakat merasa bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Kementrian ESDM dan PT. PLN (Persero) UP3 Biak,” pungkasnya

Turut hadir dalam kunjungan Lapangan Pemasangan SPEL dan Talis antara lain, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur, Hendra Iswahyudi, Manajer PT. PLN (Persero) UP3 Biak, Y. Soedarmono, Asisten II Setda Kab. Biak Numfor Ferry Betay, Direktur Pembinaan Pembangunan Ketenaga Listrikan, Robi Hezron Simbiring dan Oskarya Tandi, Direktur Pembangunan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi, Ditjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Tim Perencanaan Teknik Kegiatan Pemasangan Paket APDAL, dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua, dan pejabat lainnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.