Kartu JKN-KIS Banyak Membantu Moses dan Keluarga Tatkala Sakit

Lensapapua,Biak – Tugas BPJS Kesehatan adalah memberikan layanan terbaik kepada peserta JKN-KIS, salah satunya Moses Rumbiak (48). Moses yang terdaftar sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) PNS Daerah ini pun menceritakan pengalamannya selama menggunakan layanan Program JKN-KIS kepada tim Jamkesnews, Kamis (10/06).

“Saya pernah masuk rumah sakit untuk melakukan operasi tumor jinak pada lipatan paha kiri bawah di tahun 2017 sehingga harus rawat inap kurang lebih dua minggu. Tidak pernah terbayangkan apabila saya tidak memiliki kartu JKN-KIS, berapa besar biaya yang harus saya keluarkan untuk semua perawatan saat itu. Untungnya dengan Program JKN-KIS semua biaya ditanggung sepenuhnya,” ungkap Moses.

Diakui Moses bahwa alur prosedur untuk mengakses layanan Program JKN-KIS tidaklah sulit. Selama mengikuti semuanya sesuai ketentuan yang berlaku, peserta Program JKN-KIS seperti dirinya akan dengan mudah merasakan manfaat layanan kesehatan dari Program JKN-KIS.

Hingga saat ini, ketika jatuh sakit, Moses tetap mengandalkan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana dirinya dan keluarga terdaftar. Moses menyampaikan bahwa baik pelayanan di rumah sakit maupun petugas kesehatan baik dokter spesialis dan perawat sangat ramah dan cekatan.

“Ketika saya dan keluarga sakit, saya tidak perlu khawatir lagi. Seperti anak saya yang ketiga sempat sakit malaria. Saya merasakan pelayanan yang kami dapatkan selama menjadi peserta JKN-KIS baik dan sangat membantu sekali. Intinya tidak ada kesulitan mendapatkan pelayanan dari dokter dan obat-obat sesuai dengan diagnosis penyakitnya,” jelas Moses.

Secara pribadi Moses sangat menyayangkan bila masih ada masyarakat yang belum sadar betul akan manfaat dan keuntungan menjadi peserta JKN-KIS. Sebelum ada Program JKN-KIS, masyarakat yang kurang dari sisi ekonomi pastinya akan berpikir dua kali sebelum mengakses layanan kesehatan. Namun kini, menurut Moses, dengan hadirnya Program JKN-KIS masyarakat mendapatkan kebebasan untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun dan di mana pun tanpa terbebani biaya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.