Kapolda Papua Barat Terima Kunjungan Duta Besar Selandia Baru

banner 120x600
banner 468x60
Kapolda PB Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin berjabat tangan dengan Kedubes Selandia Baru Dr Trevor Matheson. (ian)

MANOKWARI, Lensapapua – Bertempat di Ruang Rapat Kabori Swiss Bellhotel Manokwari, Rabu (24/5) Kapolda Papua Barat Brigjend Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si menerima tamu dari Duta besar selandia baru, Dr Trevor Matheson bersama Rombongan. Pada kesempatan itu Kapolda di dampingi Pejabat Polda Papua Barat yakni, Karo Ops Polda Papua Barat, Dir Binmas Polda Papua Barat, Dir Reskrimum Polda Papua Barat, Dir Reskrimsus Polda Papua Barat, dan Dir Intelkam Polda Papua Barat.

Adapun rangkaian giat tersebut saat dikonfirmasi Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si melalui Kanid Humas Polda Papua Barat AKBP. Hary Supriono menyampaikan bahwa, pertemuan tersebut terkait penyampaian beberapa paparan Bapak Kapolda Papua Barat yang mengucapkan selamat datang kepada Kedubes New Zealand di wilayah hukum Polda Papua Barat dan memperkenalkan Para PJU Polda Papua Barat yang ikut hadir pada penerimaan Dubes New Zealand.

banner 325x300

Disamping itu, terdapat penyampaian tentang situasi Wilayah Polda Papua Barat yang membawahi beberapa Kota / Kabupaten seperti Kab Manokwari, Kab Pegunungan Arfak, Kab Manokwari Selatan, Kab Sorong, Kab Sorong Selatan, Kab Raja Ampat, Kab Kaimana, Kab Teluk Wondama, Kab Fak-fak, Kab Tambrauw, Kab Maybrat, Kab Teluk Bintuni, Pemkot Kota Sorong. Dimana Letak geografis di Wilayah Prov Papua Barat terdiri Pulau dan hanya bisa di lalui lewat udara dan laut antar Kabupaten.

Jamuan makan bersama

Hary juga menjelaskan, terkait Perkembangan pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2017 di Provinsi Papua Barat, antara lain mulai dari Pemilukada di ibukota Provinsi Papua Barat dan 3 Kabupaten dan 1 Kota. Yang mana dari hasil Pilkada pemilihan Gubernur dan Wagub Papua Barat di dimenangkan Paslon Drs. Dominggus Mandacan sebagai Gubernur & Mohammad Lakotani SH, M,Si sebagai Wagub Papua Barat.

Sedangkan untuk Kab Sorong dimenangkan Dr Johny Kamuru SH & Suka Harjono M.Si, sedangkan Kab Tambrauw dimenangkan Gabriel Asem M.Si & Mesak Metukala Yekwan dan Kab Maybrat dimenangkan Drs. Bernard Sagrim MM & Drs Paskalis Kacu M.Si, selanjutnya Kota Sorong yang di menangkan Drs. Lamberthus Jitmau MM & dr Hj Pahimah Iskandar.

” Pada kesempatan itu juga Kedubes dan Kapolda membahas beberapa kasus menonjol berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada,”Ujar Kabid Humas

Sementara itu, Duta besar selandia baru, Dr Trevor Matheson mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua Barat, dan Wakapolda Papua barat dan pejabat utama Polda Papua barat yang telah bersedia menerima kehadirannya bersama rombongan kedubes dari selandia baru. Dimana sebelumnya juga pihaknya telah melakukan pertemuan yang sama di jajaran Polda Papua.

Menurutnya dengan menjadi penegak hukum sangatlah berat menjalankan tugas dan amanah yang mana pada dasarnya masih kurangnya pemahaman hukum yang benar di pahami oleh masyarakat. dimana letak geografis dan ideologi masyarakat yang menentang dengan Indonesia berdasarkan kelompok radikal pun menjadi sorotan. Oleh sebab itu polisi harus mempunyai mitra menerapkan pemolisian masyarakat dengan kementerian tujuan utama adalah untuk meminimalisir masyarakat yang ditahan, memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

Kedubes Selandia Baru juga sangat mendukung Kepolisian di Polda Papua Barat dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Dimana pihak Kedubes Selandia Baru sangat menginginkan kerjasama antara Negara Indonesia dengan New Zealand agar tetap terjalin dengan adanya program Comunity Policing yang selama ini sudah terselenggara. (RED)

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.