Kapal Mewah The World Singgah di Pelabuhan Biak

Kapal Pesiar The World Saat Singgah di Pelabuhan Biak, Jumat (17/1/2020).

Lensapapua, Biak – The World, kapal pesiar mewah singgah di pelabuhan Biak membawa wisatawan mancanegara untuk melakukan kunjungan wisata ke destinasi wisata yang ada di Biak yakni Goa Jepang dan Pasar Darfuar Biak Serta berkeliling ke tempat tempat lainnya, Jumat (17/1/2020).

The World sandar di Pelabuhan Biak Pukul 12.00 Wit, Kapal ini mempunyai panjang 196,35 meter dan lebar 29,8 meter pembuatan tahun 2002, memiliki 600 kamar, membawa 287 crew dari 37 negara serta total penumpang 185 orang  yang berasal dari 19 negara.

Kapal yang di ageni oleh PT fajar lintas ini sebelumnya singgah di Palau kemudian menuju Biak dan bertolak pukul 20.00 wit dari pelabuhan Biak menuju Waisai Sorong, berlanjut ke Banda Neira Maluku, kemudian berlanjut menuju ke Darwin Australia.

Dijelaskan oleh Plh Kepala Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Biak numfor, Rudi Raihan bahwa, Dari 348 Pelabuhan di indonesia, Pelabuhan Biak merupakan salah satu Pelabuhan yang bisa dan aman untuk di sandari kapal berukuran besar.

“Kapal ini sandar jam 12.00 wit dan akan langsung bertolak pada jam 20.00 wit, jadi sebelum kapal The World ini masuk di Biak, pihak KSOP Kelas II Biak telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang datang ke Biak agar kedepan para turis ini mau lagi datang ke Biak,” Ungkapnya.

Ruddy berharap semoga kunjungan kapal asing, baik itu kapal pesiar semakin banyak berkunjung ke Biak, karena selain mendatangkan devisa bagi negara juga berdampak bagi masyarakat setempat, seperti meningkatkan perekonomian dan bisa membuat destinasi wisata Biak lebih dikenal di seluruh dunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Biak numfor, Onny Dangeubun mengatakan pemkab Biak menyambut baik dan mengapresiasi kerja mitra pelaku usaha jasa wisata di kabupaten biak numfor dalam mempromosikan tempat wisata di Biak sehingga wisatawan mancanegara bisa melakukan perjalanan wisata di Biak.

“Kerjasama positif seperti ini bisa menghadirkan kapal pesiar dengan jumlah wisatawan mancanegara yang signifikan otomatis meningkatkan jumlah wisatawan indonesia, sehingga kedepan kami berharap ini menjadi sebuah entry point,” Tuturnya.

Kadispar menambahkan kedepan pemkab Biak akan melakukan upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar lebih baik lagi, menjalin sinergitas dengan pihak pihak terkait agar makin banyak lagi kunjungan wisatawan ke Biak hingga bisa mempercepat perkembangan wisata di Biak.

“Ini menjadi kebanggaan karena kapal apartemen mewah ini sandar di Biak, makan tadi kami menyambut mereka dengan menampilkan budaya Biak, dan selanjutnya para wisatawan di bawa dengan bis menuju tempat wisata Goa Jepang dan Pasar Darfuar Biak, juga berkeliling ketempat lainnya, kami berharap ini menjadi titik baik bagi perkembangan pariwisata di Biak kedepan,” Ujarnya.

Selain itu, dukungan penuh dari Dinas perhubungan Biak numfor yang telah menyiapkan armada angkutan darat sebanyak 10 buah bis milik pemerintah daerah untuk mengantar para wisatawan ini berkeliling ketempat wisata yang akan dituju.

Kepala Dinas Perhubungan Biak numfor, Fransisco Olla berharap agar kedatangan para turis ini ke Biak bisa merangsang pertumbuhan wisata di Biak numfor, “Tentunya pelayanan terbaik kita berikan agar para turis ini juga bisa nyaman dan senang berada di Biak sehingga mereka mendapat kesan yang baik dan kedepan mereka mau kembali berkunjung di Biak,” Pungkasnya.

Antusiame masyarakat Biak yang datang ke Pelabuhan Biak sangat banyak, baik yang datang untuk melihat Kapal The World secara langsung langsung maupun datang untuk berfoto.

Perlu diketahui, Dalam perjalanan Kapal The World kali ini di Indonesia, Biak numfor merupakan Pelabuhan singgah pertama.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.