Jadikan Iuran JKN-KIS Amalan Bagi Yang Membutuhkan

Husiah. Peserta JKN- KIS

Lensapapua–   Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 yang lalu telah dirasakan banyak manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.

 

Mulai dari yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan dengan biaya ratusan juta hingga yang jarang menggunakan kartu JKN-KIS.

 

Tak jarang juga yang merasakan bahwa iuran yang selama ini diberikan dengan sistem gotong royong sebagai amalan dalam membantu peserta lain yang lebih membutuhkan.

Seperti yang dialami oleh keluarga Huziah (51) saat dijumpai di BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Senin (04/02). Huziah dan suami yang merupakan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dari sebuah perusahaan swasta ini mengaku dengan terdaftarnya ia dan keluarga sebagai peserta JKN-KIS, pengobatan untuk kesehatan keluarga jika tiba-tiba sakit tidak perlu memikirkan biaya lagi.

“Kami hanya sesekali ke fasilitas kesehatan yang didaftarkan dengan rawat jalan jika darah tinggi dan lambung saya kambuh. Anak-anak dan suami pun alhamdulillah sampai saat ini masih sehat terus paling hanya flu dan demam saja.

 

Rasanya beban untuk memikirkan biaya jika sewaktu-waktu anak dan suami sakit telah berkurang karena kami sudah punya jaminan kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi jika dibutuhkan,” kata Huziah.

Peserta yang mendaftarkan diri sebagai pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) BP Lanal Sorong ini mengaku bahwa selama menjalani perawatan di fasilitas kesehatan tersebut dengan hanya menunjukkan kartu JKN-KIS ia tidak perlu mengeluarkan biaya pemeriksaan bahkan sampai obat yang diresepkan. Huziah pun merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Lanjutnya, Huziah pun mengunggkapkan pendapatnya mengenai iuran yang selama ini ia bayar selama menjadi peserta JKN-KIS.

“Jika kedepannya kami alhamdulillah sehat-sehat saja, rasanya seperti beramal membantu masyarakat yang membutuhkan biaya pengobatan bahkan sampai ratusan juta, hanya dengan dipotong gaji perbulan saya merasa bersyukur dapat membantu yang lain.

 

Kedepannya semoga semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya iuran JKN-KIS ini. Saya dan keluarga bersyukur sekali semoga JKN-KIS akan selalu membaik dalam pelayanan serta membantu masyarakat yang membutuhkan”, tuturnya.

Sambil menambahkan, Huziah berharap semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjadi peserta JKN-KIS dan menghimbau untuk seluruh masyarakat Indonesia menjamin kesehatannya dengan mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta dan membayar iuran tepat waktu. (Red-TR/ws)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.