HUT KE 54, KOREM 171/PVT GELAR KEGIATAN PENGHIJAUAN ALAM

SORONG, Lensapapua – Melestarikan Lingkungan Hidup Serta Mengurangi PemanAsan Global dan HUT Ke – 54 Korem 171/PVT kembali giatkan kegiatan penghijauan alam. Kegiatan yang dibuka resmi oleh Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono,M.A, dismbut antusias jajaran Korem 171/PVT.

Kesempatan itu dihadiri oleh Kasrem 171/PVT Dian Sundiana, S.E, Para Kasi Korem 171/PVT, Kabalak dan Dankasatdisjan Korem 171/PVT, Kepala KPHL Sorong Drs. Julian Kelly Kambu, GRANAT Kota Sorong, Para Pelajar Kota Sorong, yang bertempat di Bukit Korem 171/PVT jln Pramuka no.1, Sorong-Papua Barat, Senin (8/5).

Dalam sambutan Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, menyampaikan bahwa Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara    konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Termasuk lingkungan perumahan dan sekitarnya, Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

Tujuan acara Penghijauan ini adalah untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas co2, (carbon dioksida) dan polutan lainnya, mencegah banjir, dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetic tanaman hutan akibat kebakaran dari  dampak  kekeringan  yang berkepanjangan. Tujuan diatas dikaitkan juga dengan mewujudkan pembangunan Indonesia yang bersih. Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut diatas  tidaklah  semudah  membalikkan telapak tangan, sehingga harus ada kepedulian yang tinggi  dari diri sendiri, dengan mewujudkan kesadaran menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya,  sangat diharapkan kegiatan penghijauan ini dapat dijadikan sebagai momentum  guna  menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sebagaimana  yang telah dicanangkan pemerintah  saat  ini  dan  membantu   mengatasi permasalahan bangsa yaitu menurunnya sumber daya genetik tanaman hutan.

Kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan lahan hijau di bukit Makorem 171/PVT sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika dan peresapan air hujan. Untuk itu diharapkan dengan adanya acara penghijauan ini, dapat memberikan motivasi dalam  membangun   kesadaran   dan  Semangat masyarakat yang berada di Kota Sorong, agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya.(RED)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.