Hasil Rapid Test Yang Digelar Polres Biak, 3 Terkonfirmasi Positive Rapid Rest

Dokter Poliklinik Polres Biak Numfor Dr. Ulfah S. Madamar, saat memberikan keterangan.

Lensapapua, Biak – Rapid Test yang digelar Polres Biak Numfor bersama Dinas Kesehatan di Poliklinik Polres Biak Numfor pada Sabtu Kemarin, 3 diantaranya terkonfirmasi Positive Rapid test. Hal ini disampaikan langsung oleh Dokter Poliklinik Polres Biak Numfor Dr. Ulfah S. Madamar, Pada Minggu Pagi (17/5/2020).

“Dari rapid test Sabtu kemarin di Poliklinik Polres Biak, tiga diantaranya terkonfirmasi positif rapid test, sedangkan yang lainnya negative,” katanya.

Tiga orang yang rapid test nya terkonfirmasi positif langsung di evakuasi oleh tim dari Dinas Kesehatan Biak dan tim Unit Reaksi Cepat (URC) Polres Biak ke lokasi karantina untuk diisolasi selama 2 minggu, yaitu di Diklat Ibdi Biak Timur pada Sabtu tadi malam. Sedangkan untuk yang negatif akan dilakukan Rapid test tahap II kembali pada 7-10 hari kedepan setelah rapid test pertama.

“Ketiganya sudah dievakuasi ke tempat karantina di wilayah Ibdi, sambil menunggu jadwal untuk ikut pemeriksaan PCR/SWAB yang akan dikirim ke Litbangkes Jayapura untuk diperiksa di Laboratorium, untuk bisa memastikan samplenya, apa benar positive Covid-19 atau tidak, tinggal menunggu jadwal dari RSUD Biak dan jadwal transportasi saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksantas SIK. M.Si, saat dikonfirmasi menjelaskan, status ketiga orang yang terkonfirmasi rapid test positive ini, dua diantaranya merupakan tahanan titipan Kejaksaan di Polres Biak Numfor dan sudah ditangguhkan status tahanannya oleh pihak Kejaksaan Negeri Biak, sedangkan satu orang lainnya lainnya merupakan warga yang diamankan sementara di Polres Biak atas kasus lakalantas.

“Tadi malam kami langsung melakukan evakuasi, ketiganya langsung dibawa ke lokasi karantina Diklat Ibdi sesuai dengan protap covid-19 oleh pihak Dinkes dan Tim URC Polres Biak,” tuturnya.

Kapolres menyebut bahwa hasil rapid test ini belum bisa memastikan apa benar terpapar covid-19 atau bukan, karena harus dilakukan test Swab (PCR) dan samplenya akan dikirim ke Litbangkes Jayapura, untuk diuji laboratorium.

“Polres Biak Numfor akan terus mendukung upaya penanganan Covid-19 di Biak, ini juga sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19 khususnya dilingkungan Polres Biak Numfor,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.