Harla Pancasila,  Jadi Penghayatan Jajaran Kepolisian Papua Barat.

 

Kapolda PB Brigjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M. Si saat membacakan pidato pada peringatan Harla Pancasila 01 Juni 2017

MANOKWARI,  lensapapua – Memperingati Hari lahirnya Pancasila yang jatuh tanggal 1 juni 2017, Kepala Kepolisian Daeran Papua Barat Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin,M.Si, selaku inspektur Upacara memimpin langsung jalanya upacara di Markas Komando Polda Papua Barat, Kamis (1/6).

Pada kesempatan itu, Ucapan kata Saya Indonesia, Saya Pancasila menjadi slogan terbuka di halaman Mapolda,  Polda Papua Barat dalam upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila. Upacara yang berlangsung penuh hikmat dimulai dengan mengheningkan cipta bersama, pembacaan teks Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden Republik Indonesia tentang hari lahirnya Pancasila sekaligus sambutan yang dibacakan oleh Kapolda Papua Barat.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia,  Ir. Joko Widodo menjelaskan bahwa Pancasila merupakan  hasil dari satu  kesatuan  proses yang  dimulai dengan  rumusan  Pancasila tanggal l Juni 1945 yang  dipidatokan  lr.  Sukarno, Piagam  Jakarta tanggal  22  Juni 1945, dan  rumusan  final  Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945.

“Selamat  Hari Lahir  Pancasila. Kita lndonesia,  Kita Pancasila.  Semua Anda lndonesia,  semua  Anda  Pancasila. Saya lndonesia,  saya  Pancasila.Terima kasih,” demikian sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dibacakan oleh Kapolda Papua Barat.

Pembacaan sambutan Presiden Republik Indonesia, seraya sebagai wujud puji syukur kepada  Tuhan Yang  Maha  Esa atas hikmah yang mengalir sebagai makna positif dalam penyelenggaraan  upacara Peringatan  Hari  Lahir Pancasila tersebut. Sebab untuk yang pertama  kalinya, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si dengan jajaran personil Polri pada wilayah Hukum Polda Papua Barat melakukan Upacara penghayatan hari lahirnya Pancasila sebagai lambang negara,  semenjak dirinya menjabat sekitar akhir tahun 2016 lalu.

Upacara ini meneguhkan komitmen Jajaran Polri Polda Papua Barat agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat,  berbangsa dan bernegara, dalam mengikrarkan tali keragamaan dalam persatuan dan kesatuam berdasarkan Pancasila.

“Pancasila  merupakan  hasil  dari  satu  kesatuan  proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni  1945 yang dipidatokan  Ir.  Sukarno,  Piagam Jakarta  tanggal  22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal  18 Agustus  1945, Adalah  jiwa  besar  para founding fathers, para  ulama   dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan  kita” tutur kapolda.

Selain itu Kapolda juga menambahkan bahwa, “untuk rekan-rekan yang beraga islam saya mengucapkan selamat menempuh ibadah dibulan suci ramadan semoga puasa yang dijalankan dapat memberikan dampak meningkatkan ketakwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa”.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila, Semua Anda Indonesia,  semua Anda Pancasila, Saya Indonesia, saya Pancasila.“

Hadir dalam upacara tersebut, Pejabat utama Polda Papua  Barat, Personil Brigadir Mobil (Brimob) dan jajaran Anggota lainnya. (ian)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.