Gunakan Sistem Pemilu, KPU Biak Dukung Pelaksanaan PEMILOS SMANSA Biak Kota

Lensapapua, Biak – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor memfasilitasi dan mendukung proses pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS (PEMILOS) SMA Negeri 1 Biak Kota yang dilaksanakan menggunakan pola/sistem pelaksanaan Pemilu/Pilkada yang sering diselenggarakan oleh KPU, sebagai wujud pembelajaran kepada siswa-siswi tentang bagaimana berdemokrasi yang baik dan benar melalui proses pelaksanaan Pemungutan suara.

Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor, Mathias Jan Morin, menjelaskan bahwa dukungan KPU Biak dalam pelaksanaan PEMILOS SMA Negeri 1 Biak Kota ini sebagai salah satu upaya untuk melakukan sosialisasi ke tingkat bawah. KPU membina siswa-siswi ini untuk melakukan prosesi pemilihan ketua OSIS nya versi pemilu.

“Selain itu melalui kegiatan seperti ini kami menggalang partisipasi pemilih pemula atau pemilih yang akan berusia 17 tahun yang nantinya akan menggunakan hak memilihnya untuk pesta demokrasi atau Pemilukada nanti, ini menjadi prioritas KPU sekali lagi untuk mencari pemilih pemula dan kegiatan seperti ini akan kami terus melakukan dengan lembaga pendidikan lainnya baik di tingkat SMA, SMK bahkan perguruan tinggi,” ujarnya usai pelaksanaan Debat Kandidat Calon Ketua OSIS SMA N 1 Biak di Aula Kantor KPU Biak. Kamis (28/01/2021).

Menurutnya kegiatan ini dilakukan di tingkat SMA karena sudah mendekati usia 17 tahun yang berarti telah berhak menggunakan hak nya dalam Pemilu. Untuk itu pihak penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait terutama dengan pihak Dinas Pendidikan untuk bisa diarahkan melakukan kegiatan seperti ini baik di dalam kota maupun di luar kota/di perkampungan, karena pemilih milenial juga tersebar dalam kota sampai ke kampung-kampung sehingga harus direncanakan dengan pergerakan yang matang dan terjadwal dengan baik sehingga bisa terlaksana dengan sukses.

“Kami harus berkoordinasi dengan dinas pendidikan kemudian sekolah-sekolah mana yang menjadi sasaran, saat ini kita laksanakan dalam kota dulu dan itu sudah semi pemilu, tahapan-tahapan ketika pemilu nanti itu sudah yang dilakukan, intinya memberikan pembelajaran kepada anak-anak ini bagaimana berdemokrasi yang baik, proses ketika pemilu seperti apa, sampai dengan outputnya seperti apa, makanya SMA Negeri 1 Biak Kota saat ini melaksanakan pemilihan ketua OSIS periode tahun ini sampai tahun depan dengan menerapkan pola atau sistem pelaksanaan pemilu,”ungkap Jan Morin.

Harapan dari pihak penyelenggara KPU dan Bawaslu agar melalui kegiatan seperti ini pemilih milenial di Biak numfor ini bisa semakin paham pentingnya hak suara mereka untuk kemajuan Kabupaten ini sehingga mereka juga bisa memberikan hak politiknya pada saatnya nanti untuk memilih wakil rakyatnya.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor, Mesak Mandowen, S.Pd, M.Pd menyampaikan apresiasinya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor kepada KPU yang telah menyelenggarakan kegiatan Pemilos SMA N 1 Biak Kota. Dengan Harapan melalui Pemilos di SMA Negeri 1 Biak Kota ini menjadi cermin/contoh untuk juga diterapkan di Sekolah lainnya di Biak sehingga melalui kegiatan-kegiatan yang baik ini juga mampu melahirkan pemimpin masa depan yang bisa mengangkat nama sekolah, terlebih membanggakan Kabupaten Biak Numfor.

“Jika kedepan kegiatan seperti ini dilakukan lagi, pihak KPU bisa terus berkoordinasi dengan kami untuk membangun mitra dengan kami, karena ini menjadi tanggung jawab kita semua sebab tugas dan tanggung jawab kami bukan hanya mendidik anak-anak Indonesia ini mendapat ilmu di dalam teori kelas tapi kegiatan hari ini menyiapkan, melahirkan calon pemimpin masa depan di hari esok,” tuturnya.

Selanjutnya dari Pihak Bawaslu Kabupaten Biak Numfor menegaskan akan selalu mendukung KPU sebagai mitra penyelenggara untuk gencar melakukan inovasi-inovasi, salah satunya adalah mencoba mengadopsi proses pemilihan umum yang diterapkan dalam pemilihan OSIS di Sekolah. Dukungan dan hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Supiori, Jani Herik Daniel Prawar, S.H, yang turut hadir menyaksikan berjalanya kegiatan ini.

“Dari kegiatan yang berlangsung ini masih banyak hal yang harus kita evaluasi namun kita harus memaklumi ini, karena yang menjadi objek untuk kita ini adalah anak SMA, tentunya pihak penyelenggara akan mengevaluasi apa yang perlu di tingkatkan sehingga pada saat nanti kalau ada sekolah-sekolah lain melakukan sistem Pemilos ini bisa lebih baik lagi pelaksanaannya,” ujar Katua Bawaslu Biak Numfor, Simon Mandowen.

Selanjutnya, Mewakili pihak SMA N 1 Biak Kota, Degrina Latuperisa selaku Pembinan OSIS menyampaikan terkasih kepada pihak KPU yang telah mendukung Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA N 1 Biak menggunakan sistem Pemilu, dengan begitu Siswa bisa belajar bagaimana proses pemilihan yang baik yang berjalan dengan tertib dan teratur.

“Kami atas nama Kepala Sekolah Smansa Biak Kota menyampaikan terimakasih bagi pihak KPU dam semua yang terlibat dalam kegiatan ini, ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa menjadi sekolah pertama yang melakukan Pemilos dengan sistem pemilu, semoga visi misi yang disampaikan oleh Calon Ketua dan wakil ketua OSIS ini ke depannya betul-betul terwujud, bukan hanya omongan saja tapi dengan tindakan untuk kemajuan SMA Negeri 1 Biak Kota,” pungkasnya.

Untuk diketahui, proses PEMILOS SMA Negeri 1 Biak Kota dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan, dengan mengikuti proses pelaksanaan tahapan Pemilu/Pilkada seperti Pembentukan dan Pelantikan panitia, Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih, Rapat Pleno Penetapan calon, Rapat Pleno Penetapan Nomor urut serta Rapat Pleno Penghitungan Suara dan Penetapan Calon Terpilih.

Adapun 2 Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA N 1 Biak Kota yaitu pasangan Nomor urut 1,Memey  Serafika Travesia Marjen dan Derek Susanto Oghude sertapserta Nomor urut 2, Fanny Chrislyn Claudia Manufandu dan Grand Benhur Hendrico Lawalata.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.