Site icon Lensapapua.com

Disperindagkop Kabupaten Sorong Fasilitasi Bimtek Pembuatan Perahu Fiber Bagi OAP

Lensapapua –   Kepala dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM (Perindagkop) Kabupaten Sorong melalui sekretaris Sutardjo, mengemukakan sebagai fasilitator kegiatan Bimtek pembuatan perahu Fiber yang diselenggarakan oleh Disperindagkop Provinsi Papua Barat, yang dilaksanakan di Galangan kapal Sorong Marine berlokasi di Klalin 6 Aimas Kabupaten Sorong.

 

20 orang peserta Bimtek ini kami rekrut dari Orang Asli Papua (OAP) para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang berdomisili disekitaran Aimas, dengan tujuan agar mereka dapat memiliki ilmu ketrampilan mumpuni, sehingga kedepan dapat berdaya guna bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Ujar Tardjo. Selasa (30+08-22)

Oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh peserta untuk dapat lebih serius, memiliki kemauan kuat dalam mengikuti pelatihan ini, mulai dari tahap awal hingga pada tahap akhirnya nanti, sehingga dapat memiliki ilmu atau keterampilan mumpuni.

 

Lanjut dikatakan Tardjo, ketika kita sudah memiliki ilmu/ketrampilan tidak menutup kemungkinan kedepan dengan menjalin kerjasama keberbagai pihak swasta ataupun pemerintah provinsi maupun dinas Perindagkop setempat mencari solusi untuk memberikan bantuan pendanaan modal usaha bagi para peserta.

Sehingga ilmu keterampilan yang dimiliki dapat di implementasikan langsung, apalagi kalau secara bersama sama saling bergandengan tangan, jadi ilmu tersebut tidak sia sia begitu saja, bebernya.

 

Ditambahkan Tardjo, jika ditilik dari segi geografis, wilayah ini dikelilingi perairan laut, sehingga sangat penting untuk kita memiliki ilmu atau keterampilan membuat perahu, karena para nelayan sudah pasti membutuhkan perahu. Dan dengan demikian secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan perekonomian kita sendiri.

Para peserta pembuatan kapal Fiber

Apalagi sistim yang digunakan adalah sistim yang cukup bagus, yaitu begitu ada pesanan baru kita buat. Bebernya

 

Diakhir penyampaiannya, Tardjo berharap, agar para peserta Bimtek benar benar dapat mengikuti pelatihan pembuatan perahu Fiber ini dengan sebaik baiknya.Dengan harapan kedepan keterampilan yang dimiliki dapat di manfaatkan menjadi potensi sumber penghasilan. Pungkasnya. Red

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Exit mobile version