Dinas Perikanan Biak Numfor Selenggarakan Lomba Cipta Menu Berbahan Baku Ikan

Lensapapua, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Perikanan mengadakan Lomba cipta menu dari Bahan baku Ikan dengan mengusung Thema Ragam menu masakan ikan untuk kesehatan dan kesejahterahan masyarakat, lomba ini di adakan di Lobby Hotel Asana Biak pada Selasa (13/11/2018).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor Effendi Igirisa yang di wakilkan oleh Sekretaris Dinas Perikanan Biak, Harun Saman mengatakan kampanye tentang gemar makan ikan itu selalu digaungkan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan Kepada seluruh masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

“Karena ikan mempunyai gizi protein yang sangat tinggi dan punya omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak khususnya bagi anak-anak, makan ikan itu sehat bisa melindungi diri dari berbagai macam penyakit dan juga kita bisa cerdas karena kandungan yang ada di dalam ikan”, ujarnya

Menurutnya di seluruh dunia ini tingkat permintaan ikan sudah jauh lebih tinggi dari pada daging dan stok ikan di tempat-tempat lain sudah berkurang tetapi kita bersyukur di Kabupaten Biak Numfor masih sangat berlimpah, untuk itu Dinas Perikanan dan kelautan Provinsi Papua juga selalu mengkampanyekan gemar makan ikan.

“Salah satu kampanye yang dilakukan adalah dengan cara melakukan lomba Cipta menu dari bahan baku ikan supaya ikan ini bisa kita konsumsi karena betapa pentingnya kita harus mengkonsumsi ikan,” ucap Harun.

Dengan lomba ini diharapkan adanya inovasi – inovasi baru dengan bahan baku ikan karena hasil perlombaan ini akan dilanjutkan di tingkat provinsi yang tentunya penilaian yang akan semakin ketat jadi melalui lomba ini kita bisa menyiapkan diri untuk mengikuti lomba di provinsi nanti.

“Bagi para pemenang diucapkan selamat, bagi yang belum menang Jangan berkecil hati masih ada waktu tahun depan, karena lomba ini akan diadakan setiap tahun, tutur Sekretaris Dinas perikanan Biak.

Sementara itu ketua Panitia lomba
Hengky Karubaba yang juga Kepala Bidang usaha dan pengolahan hasil perikanan menyampaikan jumlah peserta sebanyak 13 Regu, yang memasak untuk 3 ketegori menu yaitu kategori menu keluarga dengan berbahan baku ikan Bandeng, kategori Balita dan Kudapan atau snak yang berbahan baku Ikan potensi daerah Biak.

Hasil dari Lomba yang keluar sebagai pemenang adalah Juara 1 dari Distrik Biak Timur, Juara 2 dari Distrik Yendidori, dan Juara 3 dari Distrik Biak timur, dengan demikian maka yang nantinya mewakili PKK Kabupaten Biak Numfor ke tingkat provinsi adalah peserta dari Distrik Biak Timur.

Hengky menambahkan nanti di dalam beberapa minggu ke depan akan ada pembinaan yang akan di lakukan untuk persiapan agar peserta lebih mantap lagi atau lebih eksis lagi ketika menuju ke provinsi pada tanggal 22 November nanti.

“Harapan kita untuk yang juara tentunya Mereka bisa mewakili PKK Biak untuk bisa tampil lebih Prima di Jayapura agar nantinya bisa menang dan pastinya bisa mewakili Provinsi Papua untuk ke tingkat lebih lanjut atau tingkat Nasional di bulan Desember nanti,” ujar Hengki kepada Media. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.