Dibandara Rendani, Kapolda Ikuti Prosedur Petugas Avsec

Kapolda PB Brigjen pol. Drs. Rudolf. A. Rodja, saat mengikuti prosedur pemeriksaan petugas Avsec. 

MANOKWARI, lensapapua – Layaknya penumpang pesawat biasa lainnya, kali ini di Bandara Rendani Manokwari Kapolda Papua Barat Drs. Rudolf. A. Rodja, sebelum boarding dengan pesawat yang ditumpanginya dalam rangka melaksanakan kunjungan di Sorong dan Raja Ampat beberapa hari kedepan, dengan bijak Kapolda mengikuti semua prosedur layaknya penumpang biasanya. Hal ini dengan maksud dalam mencontohkan hal yang baik dan taat kepada aturan.

Terpantu dengan ramahnya Kapolda Rodja, mempersilahkan petugas bandara untuk memeriksanya menggunakan metal detector sesuai dengan prosedur. Dalam hal ini Kapolda ingin memberikan contoh yang baik kepada masyarakat bahwa kita sebagai penumpang pesawat harus mematuhi sebuah aturan.dalam kunjungan kegiatan kali ini, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol. Drs. Rudolf A. Rodja didampingi beberapa pejabat utama dan Bhayangkari dijadwalkan siang ini , Rabu (2/7) meninggalkan kota Manokwari untuk bertolak menuju kota Sorong dengan menggunakan pesawat udara.

Sesuai ketentuan pemeriksaan penumpang di bandara dilakukan petugas Aviation Security atau Avsec, dalam implementasinya menerapkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan yang Diangkut dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan.

Dalam ketentuan itu diatur, semua yang diperiksa wajib melepas jaket, ikat pinggang, jam tangan, dan mengeluarkan semua barang yang mengandung unsur logam untuk diletakkan ke dalam wadah dan diperiksa melalui mesin x-ray.

Dimana peraturan itu dibuat untuk diterapkan terhadap semua penumpang tanpa terkecuali. Bahkan  Presiden Joko Widodo pun mengikuti prosedur pemeriksaan keamanan ketika sedang tidak menggunakan pesawat kepresidenan. (ian)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.