Denma Makoopsau III Gelar Simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran

Lensapapua, Biak – Detasemen Markas (Denma) Makoopsau III menggelar kegiatan simulasipenanganan bahaya kebakaran, yang diikuti olehseluruh prajurit di lapangan apel usai pelaksanaan apelpagi di Makoopsau III Biak, Senen (10/8).  Latihanpenanganan bahaya kebakaran ini merupakan Program Kerja rutin dari Denma Makoopsau III dalam rangkameningkatkan kesiapsiagaan personel dalammengantisipasi potensi bahaya kebakaran dilingkungankerja.  Dalam latihan ini menggunakan alat peragasimulasi berupa 1 (satu) unit mobil pemadamkebakaran, hydrant dan alat pemadam portable yang dipraktekkan langsung oleh personel secara bergantian.

Menurut penjelasan Komandan Denma MakoopsauIII Letkol Pom Budi Utomo, simulasi semacam ini sangatpenting dilakukan guna meningkatkan pengetahuan danketerampilan prajurit, khususnya dalam bidangkeselamatan kerja dengan memberikan latihan danpraktek langsung menggunakan fasilitas alat pemadamkebakaran yang ada.  Melalui latihan refreshing semacam ini, diharapkan personel dapat menggunakanalat pemadam kebakaran (Alpeka) secara tepat, cepatdan terampil sesuai dengan potensi kebakaran yang mungkin saja sewaktu-waktu terjadi di lingkungan kerjadan lingkungan masyarakat sekitar jika diperlukan, tegasnya.

Sebelum kegiatan dimulai, staf seksi Lamja DenmaKoopsau III menjelaskan cara menggunakan alatpemadam kebakaran, diawali dari cara pengoperasiantabung Alpeka 9 kg yang berisi powder/bubuk kimiameliputi cara menarik/membuka pin, memegang tabungdan cara menyemprotkan ke sumber api. Kemudiansecara bergantian para prajurit mempraktekkannya.

Tahap selanjutnya peragaan penggunaan mobilpemadam kebakaran (Damkar) Volkon Fire Pump VFPN 300 meliputi penjelasan pengoperasian control panel VFPN, cara penggunaan selang besar dan kecil dancara penggunaan water canon, serta pengisian air kedalam tangki mobil Damkar dari hydrant yang tersedia di areal perkantoran.   Para peserta latihan terlihatantusias dan semangat mengerjakan tahap demi tahapyang dipandu oleh Letda Tek Maryanta.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.