Danlanal Biak Beri Motivasi Casis Bintara TNI AL Sebelum Ikuti Tes Di Jayapura

Lensapapua, Biak – Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, langsung memberikan pengarahan dan motivasi kepada sekitar 39 Casis bintara TNI AL yang telah mendaftar untuk ikut bergabung menjadi prajurit TNI AL, di Mako Lanal Biak (24/06/2020)

Dijelaskan bahwa peran Lanal Biak adalah untuk menyiapkan mereka (Casis), sebelum nanti akan mengikuti tes di Jayapura, diantaranya melatih kesamaptaan, melatih psikologi, dan memperbaiki kesehatan.

“Mereka akan kita latih terlebih dahulu sebelum melaksanakan tes di Jayapura. Kita latih di sini sehingga harapannya nanti mereka semuanya bisa lulus dan membawa nama Biak,” tuturnya.

Melalui kesempatan ini, Danlanal juga menunjukkan fasilitas – fasilitas Lanal Biak, seperti kendaraan-kendaraan dengan berbagai tipe, menayangkan film dokumenter yang menunjukkan bagaimana profil seorang prajurit TNI Angkatan Laut, sehingga nantinya para Casis mendapatkan gambaran seperti apa profil prajurit AL dan bisa bersemangat dalam mempersiapkan diri masuk menjadi TNI AL.

“Nantinya, Casis yang telah diseleksi sesuai dengan syarat prajurit TNI AL selanjutnya juga akan mengikuti tes sebenarnya bersama para calon prajurit TNI AL lainnya, sesuai dengan nilai yang dikategorikan lulus  kemudian akan berangkat ke Malang untuk mengikuti tes Pusat,” kata Danlanal.


Dijelaskan pula bahwa, dengan adanya validasi organisasi TNI Angkatan Laut, Sorong akan menjadi pusat TNI AL untuk wilayah timur dengan adanya Koarmada III serta Pasmar 3, sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut bahwa nantinya akan dibuat lembaga pendidikan di Sorong.

“Kita harapkan nanti dengan adanya arahan Kepala Staf Angkatan Laut, para prajurit kita yang dari Jayapura, Sorong, dan Ambon semuanya bisa disatukan di lembaga pendidikan di Sorong, sehingga tidak jauh sampai ke Surabaya, saya juga berharap nantinya banyak putra-putri daerah Papua khususnya Biak yang akan masuk melalui jalur TNI Angkatan Laut,”ungkapnya.

Danlanal Biak juga mengajak seluruh masyarakat yang ingin bergabung bersama TNI AL dapat langsung mendaftarkan diri khususnya bagi putra/putri yang berusia minimal 18 – 22 tahun untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL baik tingkatan Tamtama, Bintara maupun Taruna.

“Saya selaku Komandan Lanal Biak mengundang masyarakat Kabupaten Biak Numfor khususnya pemuda-pemudi untuk bergabung di TNI Angkatan Laut dengan melakukan pendaftaran melalui Lanal Biak sehingga nantinya bisa menjadi seorang prajurit TNI AL yang membanggakan Kabupaten Biak Numfor” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.