Dandim : TMMD ke-98 Harus Mendorong Peningkatan Pembangunan Infrastruktur, serta Merakyat

Manokwari, Lensapapua – Komandan Kodim 1703/Manokwari Letkol Inf Andy Parulian, S.I.P. mengatakan Program TMMD yang sementara berjalan di Kabupaten Teluk Bintuni, desa / Kampung Muturi SP 3 diharapkan juga sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan guna menjalin dan membangun rasa kebersamaan antara Prajurit TNI personel Satgas TMMD dengan Masyarakat sekitar. Hal ini diutarakannya disela acara coffee morning bersama jajaran Pers bertempat di aula Kodim 1703/Manokwari.

Dandim mengatakan, hal ini seperti saat  makan bersama, masak bersama, dan melakukan semua aktivitas merakyat bersama dengan anggota  personil TNI yang tergabung dalam satuan Tugas TMMD Ke-98 dengan masyarakat dikampung Muturi, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni yang dilakukan setiap harinya. Ini  bertujuan untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan yang selama ini telah terwujud bersama masyarakat dan juga sebagai sarana komunikasi dalam suksenya kegiatan Operasi TMMD Ke-98.

“Dengan kebersamaan ini bukan sekedar mengejar pekerjaan fisik dan nonfisik dari program TMMD ini, namun masyarakat Kampung Muturi juga harus merasa senang dan merasa TNI menjadi bagian dari keluarga serta merasa mendapat kehormatan bias melakukan aktivitas bersama anggota Satgas TMMD di rumahnya. karena hal seperti ini jarang bisa terjadi dan ini merupakan sebuah moment yang tidak bisa terlupakan.” ujar Dandim

Sehingga dalam menjalankan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang ke-98 Tahun 2017 di wilayah Kodim 1703/Manokwari bertempat di Kabupaten Teluk Bintuni tidak hanya terlihat saat melakukan pengecoran jalan, pembangunan bak air, lapangan volley dan pembuatan gorong-gorong semata.

Dari hal ini juga patut diberikan apresiasi kepada jajaran TNI karena berkat program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), satu per satu pedesaan di tanah air sudah merasakan manfaat yang diwujudkan berupa pembangunan infra struktur, sarana, dan prasarana yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat, seperti pembangunan jalan pedesaan, rehabilitasi sekolah dan tempat ibadah. Demikian halnya sasaran non fisik meliputi penyuluhan kesehatan, bahaya narkoba dan penyuluhan tentang pentingnya upaya bela negara.

“ Akan ada juga penyuluhan dan pelayanan kesehatan. Kami datangkan langsung tenaga medis spesialis dari Jakarta. Harapan kami dapat melayani masyarakat,”tambah  Dandim

Dengan demikian,  program TMMD kiranya hendak menjadi kalender tetap TNI dalam membantu pemerintah guna mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan pedesaan. Dengan adanya program TMMD ini, ekonomi masyarakat ikut mengalami peningkatan karena jalur transportasi makin mudah dijangkau, sebagai salah satu cermin kepedulian TNI dalam turut terlibat langsung bersama rakyat melakukan pemerataan pembangunan. Karena bersama Rakyat, TNI Kuat. (ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.