Dandim 1709/Yawa Ajak Tokoh Masyarakat Jaga Keutuhan NKRI

Lensapapua, Yapen – Himbauan ini diberikan Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H Dandim 1709/Yawa saat menghadiri sekaligus memberikan Materi Bela Negara dalam Kegiatan Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan Berupa Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Wawasan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Kep. Yapen, Kamis (26/11/2020).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Silas Papare Pemkab Yapen dan dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan juga Aparat Distrik Anotaurei ini, sembari membawakan materi Bela Negara yang telah disiapkannya, Dandim mengatakan, bahwa untuk menjaga Kondusifitas dan Stabilitas Keamanan diwilayah ini memerlukan peran penting dari seluruh tokoh dan lapisan masyarakat.

Jangan kita mudah terprovokasi oleh bujuk rayu dan ajakan dari para oknum yang menginginkan pecahnya Persatuan dan Kesatuan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, tetapi marilah kita membuka wawasan kita lebih luas lagi, dengan cara mengilas balik kisah-kisah sejarah seluruh pahlawan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya perjuangan para pahlawan kita yang berasal dari Papua dalam mengusir para penjajah dari Tanah Papua ini,” ujarnya.

“Karena dengan mengetahui sejarah, niscaya kita akan terbebas dari seluruh pihak yang sering memanipulasi dan memutar balikkan fakta demi memuluskan segala niat buruk mereka yang menginginkan terjadinya perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa ini, khususnya pihak-pihak yang menginginkan terpisahnya Papua dari wilayah NKRI,” ungkapnya.

“Untuk itu, marilah kita bersama-sama memiliki pikiran yang positif, yakin dan percayalah bahwa pemerintah akan memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat papua dan kita kawal bersama pembangunan yang sedang dan telah berjalan maupun yang telah direncanakan kedepannya dengan sebaik-baiknya, mari bergandengan tangan menghadapi segala tantangan dan hambatan yang ada sehingga wilayah Kepulauan Yapen senantiasa dalam suasana penuh kedamaian dan bersatu dalam keanekaragaman, karena yang bisa menjaga merah putih dari segala bentuk ancaman dan gangguan adalah kita bersama serta tanggungjawab semua komponen bangsa, sehingga tujuan nasional bisa tercapai,” harap Leon.

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Gokman Simbolon Asisten II Sekda Kab. Kep. Yapen, Sonny Arnold Woria Kakesbangpol Yapen dan Iptu Sebastian Kasat Intel Polres Yapen.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.