Dana Desa Tingkatkan Taraf Hidup Warga Kladuk

Lensapapua, Sejak dimekarkan tahun 2015, Kampung Kladuk Distrik Sayosa Timur Kabupaten Sorong mengalami

peningkatan cukup  signifikan.

Gebrakan Pemerintah Kabupaten Sorong yang sedang gencar membangun membuka keterisolasian daerah terpencil seperti Kampung Kladuk.

Kepala Distrik Sayosa Timur, Yulius Balimsa kepada wartawan menjelaskan selain dorongan dari Pemerintah Kabupaten Sorong, program pemerintah pusat Dana Desa sangat membantu daerah tersebut.

“Berkat dana desa, perumahan warga yang dulu hanya rumah panggung dari kayu sekarang sudah berubah semi permanen dan rumah permanen”, jelas Yulius Balimsa.

Perumahan warga Kampung Kladuk Distrik Sayosa Timu sekarang.
Perumahan warga Kampung Kladuk Distrik Sayosa Timur sekarang. Dok/red

Meski masih jauh dari lengkap seluruh fasilitas umum, tapi secara keseluruhan Kampung Kladuk mengalami perubahan drastis sebagai kampung yang baru saja dimekarkan.

“Fasilitas kesehatan dan pendidikan masih terpusat di ibu kota Distrik Sayosa Timur. Akses jalan masih ditempuh dengan long boat kurang lebih satu jam perjalanan”, terang Balimsa.

Yulius mengaku sudah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Sorong dalam Musrenbangda terkait fasilitas umum yang belum tersedia di Kampung Kladuk.

“Mudah-mudahan dapat segera terwujud, sehingga masyarakat Kampung Kladuk tidak perlu lagi harus ke ibu kota distrik untuk bersekolah dan menikmati layanan kesehatan”, harap Kepala Distrik Sayosa Timur. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.