Ceramah Bahaya Radikalisme dan Santun Bermedia Sosial di Biak

Lensapapua, Biak – “Radikalisme hendaknya tidak dikaitkan pada agama tertentu saja, karena sikap atau faham tersebut bisa terjadi pada semua agama atau golongan. Hal ini penting agar kita memahami makna radikalisme  pada porsi yang adil”.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 2 Daerah 3 Lanud Manuhua Ny. Siska Dewi Daan Sulfi, pada acara ceramah Psikologi dalam rangka peringatan ke-63 HUT PIA Ardhya Garini di ruang Sutarjono Lanud Manuhua, Biak (14/11/19).

“Selain tema bahaya radikalisme, kita membutuhkan pemahaman tentang sikap santun dan bijak bermedia sosial. Melihat perkembangan media sosial yang sangat pesat, telah menyebabkan setiap orang serasa memiliki dunia sendiri. Seseorang pengguna media sosial bisa mengedit sesukanya, memodifikasi tulisan, gambar, video dan berbagai konten lainnya untuk dibagikan di medsos. Media sosial telah mempengaruhi perilaku sehari-hari, sejak bangun tidur sampai tidur lagi mengupdate medsos. Bahkan ada yang berlebihan sampai mengabaikan tugas utama”, ujar Ketua PIA AG.

Dalam ceramah yang disampaikan oleh Mayor Kes Fajar Iyyasi, untuk menjadi santun dan bijak bermedsos agar memperhatikan hal-hal berikut: “Konsentrasi munculkan persepsi yang positif; Mengedepankan fikiran sadar daripada bawah sadar; Gunakan media sosial yang tepat; Gunakan bahasa-bahasa yang positif yang bisa dipahami banyak orang; Jangan menggunakan kalimat yang dapat merugikan orang lain; Jangan menggunjing orang dan menjelek-jelekkan orang atau instansi; Gunakan medsos sebagai sarana informasi untuk menjalin silaturahmi; Ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai UU ITE”, kata Fajar.

Dia menambahkan agar: “Jangan mudah memberikan identitas pribadi kepada orang lain (privasi); Jaga keamanan akun; Menghindari hoaks curhat; Menyebarkan hal yang positif; Gunakan seperlunya”, papar Mayor Kes Fajar Iyyasi.

Selain pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 2 Daerah 3 Lanud Manuhua, acara ceramah juga diikuti oleh pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 3 Daerah 3 Koopsau III, IKKT PWA Cabang 06  Kosekhanudnas IV, PIA Ardhya Garini Ranting 03-3  G. Batalyon Komando 468 Paskhas, IKKT Ranting 002 Satrad 243/Tanjung Warari.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.