Cegah Corona, Pelabuhan Biak Dijaga Ketat, Semua Penumpang Diperiksa

Lensapapua, Biak – 400 Personil gabungan yang terdiri dari 200 Anggota Polres Biak Numfor, 50 Anggota TNI dan 150 Personil Satpol PP Biak Numfor dikerahkan dalam pengamanan kedatangan Kapal Penumpang KM Ciremai saat bersandar di Pelabuhan Biak, Jumat (27/3/2020).

Kapal penumpang dengan rute Tanjung Priok – Tanjung Perak – Makassar – Baubau – Sorong – Manokwari – Biak ini mengangkut 600 lebih penumpang tujuan Biak, tetapi yang diperbolehkan turun hanya penumpang yang memiliki KTP/KK domisili Biak dengan pengawasan dan pemeriksaan ketat, selanjutnya penumpang tujuan Jayapura dipastikan kembali ke daerah asal pasca ditutupnya pelabuhan Jayapura sesuai peraturan pemerintah Provinsi Papua.

Penumpang yang turun dari kapal diperiksa petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak menggunakan Thermo Gun pendeteksi dini suhu tubu, pemeriksaan KTP dan KK kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan, sementara calon penumpang sebelum memasuki terminal keberangkatan harus melewati bilik disinfektan untuk dilakukan penyemprotan beserta barang bawannya.

Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta SIK. M.Si didampingi Wakapolres Kompol Tonny Upuya bersama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, beberapa unsur Forkopimda serta pihak terkait lainnya turut menyaksikan dan mengawasi berlangsungnya pengawasan dan pemeriksaan penumpang tersebut.

Kapolres menjelaskan bahwa pengamanan ini dilakukan sesuai dengan Maklumat Kapolri untuk mendukung sepenuhnya semua aturan/himbauan yang dilakukan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam upaya penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Sesuai dengan kebijakan Bupati Biak Numfor bahwa penumpang yang diijinkan turun hanya penumpang yang memiliki KTP atau KK Biak Numfor, jika tidak bisa menunjukkan identitas tersebut ke petugas maka diharuskan kembali ke daerah asal,” ujarnya.

Sementara untuk Pengamanan dilakukan dengan mensterilkan areal dermaga hanya melalui dua pintu untuk kedatangan dan keberangkatan, khusus untuk kendaraan tidak diperbolehkan masuk ke areal bandara.

“Terimakasih atas kerjasama dan sinergi semua pihak terkait sehingga proses pengawasan dan pemeriksaan sejak persiapan hingga kedatangan dan keberangkatan KM Ciremai hari ini bisa berjalan lancar dan aman, kami harap juga masyarakat bisa komitmen mendukung upaya pemerintah dengan mentaati peraturan yang ada” pungkas Kapolres Biak Numfor.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW