BPJS Kesehatan Jemput Bola Hingga Pelosok Pulau Biak

Lensapapua, Biak – Mobile Customer Service (MCS) adalah satu inovasi BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Dengan mengusung konsep layanan “jemput bola” diharapkan masyarakat yang kesulitan mendapat layanan administrasi bisa lekas teratasi.

Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor melakukan kegiatan jemput bola bagi masyarakat yang tinggal lumayan cukup jauh dari pusat kota, yakni Kampung Diano, salah satu kampung yang berada di pelosok pulau Biak, tepatnya di Distrik Warsa Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor. Di kampung ini, cukup banyak masyarakat yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI-APBN), dengan identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang kosong, peserta mandiri menunggak dan lain sebagainya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Budi Sukwara yang ditemui dalam kesempatan berbeda mengatakan, pelayanan ini sama dengan pelayanan administrasi di Kantor Cabang ataupun di Kantor Kabupaten yaitu meliputi pendaftaran peserta, perubahan data, pelayanan informasi dan lain lain. Khusus pelayanan MCS Jemput bola ini, mekanismenya yaitu dari pihak BPJS Kesehatan telah memberikan informasi awal mengenai kehadiran MCS ini kepada masing-masing kepala desa sehingga dari masing-masing kepala desa akan menyosialisasikan kepada masyarakat yang ingin mengurus kepesertaan di mobil pelayanan BPJS Kesehatan itu agar mempersiapkan diri dan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Hal itu dimaksudkan agar pada saat diadakannya kegiatan jemput bola ini dapat menjangkau banyak peserta dan berjalan efektif.

“Ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor untuk jemput bola. BPJS Kesehatan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat yang tinggal cukup jauh dari kota. Khusus di kampung Diano ini, warganya sangat antusias menyambut kanal layanan ini karena mereka bisa mendapatkan pelayanan tanpa perlu jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan,”kata Budi, Rabu (11/12/2019).

Budi menegaskan, ke depannya layanan jemput bola tersebut akan terus diadakan di berbagai tempat dengan tujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS sekaligus sebagai media promosi kepada masyarakat luas.

Menurut pantauan dari tim Jamkesnews, sudah ada sekitar 50 orang lebih yang mengunjungi mobil pelayanan BPJS Kesehatan ini untuk mengurus kepesertaan. Masyarakat yang hadir memberikan respon yang positif karena kegiatan ini menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, yang masih kesulitan mendapatkan akses pelayanan BPJS Kesehatan.

Salah satunya adalah Yulianus Wambraw (35), warga kampung Diano yang sangat bersyukur dengan adanya layanan MCS ini. Menurutnya, dengan adanya pelayanan jemput bola yang dilakukan, sangat membantu dirinya untuk mengurus kepesertaannya.

“Kami sangat senang dan kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah datang jauh-jauh ke kampung kami untuk memberikan layanan ini. Program jemput bola ini sangat bagus karena memudahkan kami dalam mengurus kepesertaan kami tanpa harus jauh-jauh ke kota yang bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan biaya taksi (angkot) Rp 50.000,” puji Yulianus yang sangat terbantu dengan program ini,”ungkapnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lensapapua.com

FREE
VIEW