Belasan Longboat Dikerahkan Menjaring Sampah Di kali Remu

Lensapapua– ┬áBelasan Longboat (perahu panjang- red), Rabu (22/3/2017) dikerahkan untuk melakukan pengumpulan sampah yang menumpuk dan hanyut disepanjang kali remu kota sorong, aksi yang diikuti masyarakat juga anggota TNI dan Polri tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan dalam rangka memperingati hari Air se-Dunia ke-25 tingkat Papua Barat tahun 2017.

Walikota Sorong, Pahima Iskandar menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kerjasama tim dalam menggelar kegiatan penyelamatan kali Remu sebagai satu-satunya sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Sorong saat ini.

Pahima dalam deklarasi juga mengajak masyarakat untuk menghentikan perilaku membuang sampah ke kali, karena dengan membuang sampah ke kali menimbulkan pencemaran lingkungan.

“Saya apresiasi kegiatan penyelamatan torang pu kali Remu, karena itu saya mengajak semua masyarakat khususnya yang bermukim dikawasan bantaran kali remu agar tidak lagi membuang sampah ke kali, kita hentikan prilaku tersebut karena dapat merusak lingkungan terutama kali yang ada di remu” tegas Pahima Iskandar.

Sementara itu, Elroy Koyari, Kepala Balai Wilayah Sungai Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat, mengatakan, kali remu terpilih tahun ini sebagai pusat pelaksanaan kegiatan Hari Air tahun 2017 karena pertimbangan penampakan kali Remu yang sudah tercemar, oleh karena itu dibutuhkan perhatian serius agar mengembalikan kualitas kali remu seperti dahulu.

“Kali Remu selama beberapa tahun terakhir sudah sangat memperihatinkan, tapi apakah keprihatinan itu cukup,tentu kita harus mengambil langkah dan sikap.

Oleh karenanya kami membuat kali ini semakin┬ábaik, kami keruk endapan, dibuat ring pelindung di sepanjang kali, kami buat beberapa icon yang dapat dipergunakan untuk rekreasi masyarakat dan juga kali ini kami ajak masyarakat untuk peduli membersihkan kali Remu dari rampah” kata Elroy Koyari.

Kegiatan bersih-bersih kali dalam agenda nasional pada peringatan hari Air juga dilaksanakan diseluruh Indonesia, dan kedepan akan ada evaluasi terhadap usaha yang dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan kebersihan kali Remu. (yud/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.