Bantu Tingkatkan Ekonomi OAP, Pemkab Sorong Serahkan 12 Paket Sarpras Untuk Nelayan

Lensapapua, Pemkab Sorong berupaya keras mendorong peningkatan ekonomi masyarakat orang asli Papua (OAP) ditengah pendemi Covid 19.

Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, Pemkab Sorong menyerahkan 12 paket sarana dan prasarana produksi penangkapan ikan di , Selasa (22/12/2020).

Bupati Sorong, Johny Kamuru dalam sambutannya mengingatkan kepada OAP penerima bantuan agar memanfaatkan sarpras tangkap ikan dengan baik dan maksimal.

“Jangan sampai tidak dimanfaatkan apalagi dijual. Pemerintah akan terus memantau penggunaan bantuan yang sudah diberikan. Tuhan juga melihat siapa yang bekerja dengan jujur di Tanah ini,” ucap Johny Kamuru.

Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia berdampak besar hingga ke pelosok daerah. “Seluruh pemerintah daerah mendapat pemangkasa anggaran APBD untuk penanganan Covid 19. Namun Pemkab Sorong berkomitmen untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya OAP melalui Dana Otsus Tahun Anggaran 2020.”. Kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sorong, Bekti Giri Wahyuni mengatakan, tahun 2020 ada 12 kelompok nelayan OAP yang mendapat bantuan sarpras bersumber dari Dana Otsus.

“Sedangkan 16 kelompok lainnya bersumber dari Dana Alokasi Khusus.” Kata Giri Bekti.

Ia mengungkapkan, untuk rencana tahun anggaran 2021 hanya ada sekira total 15 kelompok nelayan yang dianggarkan dalam program bantuan bersumber dari Dana Otsus dan DAK.

“Mengingat pemangkasan anggaran daerah imbas dari pandemi Covid 19, kamipun tidak bisa berbuat banyak. Tetapi tetap kami perjuangkan meski jumlahnya menurun sesua dengan kondisi keuangan” terang Kadis Perkel Kab. Sorong.

 

Pihaknya berharap bantuan ini dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi Covid 19.

“Semoga saja Covid 19 segera berlalu dan keuangan dapat kembali normal sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang bisa masuk dalam program ini”, harap Indra Giri Bekti. red

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.