Bangkit dan Menang Bersama Kristus, Persatukan Budaya Bangsa

Kebangkitan Kristus Untuk Semua Suku, Ras, dan budaya (ian).

KOTA SORONG, Lensapapua – Dalam masa ini kita diajak untuk mengingat dan merenungkan makna penderitaan Kristus hingga kematianNya di kayu salib karena dosa-dosa kita. Sebagai pengikut Kristus, sangat mempercayai bahwa dengan mengambil bagian dalam kematian Kristus dengan cara ‘mati’ atau ‘menguburkan’ atau meninggalkan dosa kita, dan bangkit bersama Kristus kepada cara-cara hidup baru yang sesuai dengan kehendak Kristus. (Roma 6:5-6).

Hal inilah yang diimplementasikan Jemaat Gereja Makorem 171/PVT saat melaksanakan Ibadah etnik dalam rangka Kenaikan Isa Al Masih, di pimpin oleh Pdt Abner Salawati,S.Th, dan dihadiri oleh seluruh Jemaat Makorem 171/PVT bertempat di Gereja Emaus Makorem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Kamis (25/2).

Dalam Memperingati Kenaikan Isa Al –  Masih, jemaat  Makorem 171/PVT terlihat Kompak dengan menggunakan pakaian Etnik Papua, Maluku,Toraja, Minahasa, Jawa, dan Batak. Hal ini dengan maksud dalam membentuk suatu kreasi  yang merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia harus terus dilestarikan bersama.

Disisi lain Dari peristiwa kenaikan Yesus Kristus ke surga diajak serayakan melihatkan bagaimana kesempurnaan kuasa dari Allah, bahwa Yesus adalah benar-benar Tuhan dan Allah yang Esa. Pengenalan kita akan Pribadi Yesus Kristus semakin diteguhkan melalui peristiwa kenaikan-Nya ke surga karena Kristus memperlihatkan kepada dunia bahwa Dialah penguasa langit dan bumi bahkan alam maut tidak berkuasa atas diri-Nya.

Pdt Abner Salawati,S.Th, dalam pesan khotbah rohaninya juga mengatakan, Sehingga apa yang sedang diperhadapkan kepada manusia dengan kecenderungan peradaban yang mengedepankan kepentingan kelompok, suku dan agama seraya mengorbankan nilai-nilai kebersamaan, kesetaraan dan kemanusiaan, serta  dengan maraknya korupsi dan eksploitasi alam yang berlebihan, serta peradaban yang mengutamakan kepentingan jangka pendek dan sesaat, misalnya Pilkada lima tahunan dan telah mengorbankan nilai-nilai universal yang lebih berjangka panjang harus di putuskan. Sebab hal – hal inilah yang menimbulkan perpecahan. Oleh sebab itu melalui kebangkitan Yesus Kristus ( isa Al – Masih) kepada umat yang percaya akan kebangkitannya harus menang bersama Kristus, dan dapat erat mempersatukan budaya luhur bangsa.

Bukan hanya itu, kenaikan Yesus Kristus ke surga juga menunjukkan bahwa misi-Nya untuk menebus dosa umat manusia, sama seperti kebangkitan-Nya, maka kenaikan Yesus ke surga juga merupakan fakta / faktor yang menjamin keselamatan orang percaya.  Ibadah yang dilaksanakan ini juga mempunyai pesan agar kita umat Kristen mau terus belajar membina kedekatan dan persaudaraan antar suku dan agama. Terlebih di negeri yang majemuk ini, kedekatan atau adanya relasi yang baik antara umat beragama menjadi vital sekali bagi perjalanan bangsa Indonesia. (RED/ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.