Api Harapan Dari Papua Barat Untuk Ahok Bergema

 

MANOKWARI, Lensapapua – Api Harapan yang ditandai dengan penyalaan lilin ternyata bukan sekedar isapan jempol. Hal ini dibuktikan bahwa aksi solidaritas tersebut memang murni dan kompak lahir dari hati para masyarakat  bangsa indonesia yang ingin menggemakan suara keadilan. Sama halnya di beberapa tempat daerah kabupaten / kota di Indonesia, di Ibukota Provinsi Papua Barat kota injil Manokwari tak ketinggalan.

Hal ini dibuktikan dengan aksi yang telah dinyatakan oleh Ribuan warga kota Manokwari saat menggelar aksi menyalakan lilin untuk memberi dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Kamis (11/5) malam, bertempat di Lapangan Borasi Kota Manokwari Papua Barat.

Hal ini sesuai pantuan media ini terlihat Warga secara bergantian menyalakan lilin di pelataran sepanjang jalan di kota manokwari hingga berkumpul di lapangan Borasi tersebut. Warga pun secara sukarela merogoh kantongnya masing-masing untuk membeli lilin dan menyalakan secara bersama-sama.

Jhon mateni Korlap Aksi Solidaritas Gerakan 1.000 lilin untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di manokwari kepada media ini saat diwawancarai mengatakan, kegiatan solidaritas ini digemakan dalam tujuan yang sama yakni ingin melihat rasa solidaritas dan persatuan di dalam bhineka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap dikobarkan.

“Ini aksi spontanitas warga dimanokwari sama halnya seperti warga diKota Jayapura, kota sorong, dan beberapa daerah lainnya yang cinta damai, anti radikalisme, dan kekerasan,” kata Jhon yang juga Keseharian sebagai Ketua RAPI Prov Papuabarat.

Sementara itu saat dimintai tanggapannya tentang aksi seribu lilin untuk AHOK ini, Salah satu  Pemuda Manokwari Charlos. C. Maryen mengatakan sangat apresiasi sikap solidaritas masyarakat manokwari yang mana sangat cepat merespon aktif hal positif tersebut. Ini membuktikan bahwa semua ras, golongan, dan agama manapun mendukung NKRI adalah negara yang menjunjung tinggi sikap aspirasi dan toleransi dalam penegakan keadilan hukum.

” Saya apresiasi sikap positif  seluruh element masyarakat yang telah turut terlibat dalam hal pemasangan aksi seribu lilin untuk ahok. Ini menandakan bahwa di manokwari provinsi papua barat sangat menjunjung tinggi nilai demokrasi berdasarkan pancasila,”Ucap Charles.

Sementara dalam orasinya Pdt. Elias Fonataba dari Gereja Pantekosta di tanah papua juga mengutarakan,  Seribu lilin adalah aksi kedamaian.

“Saya ingin Pak Ahok tetap tabah dan tawakal, serta terus berdoa pada Tuhan, agar jalan terbaik tetap dibukakan untuk keadilan,” Tukasnya.

Salah satu tokoh organisasi Laskar Adat Manguni Indonesia perwakilan Manokwari DPD LAMI Adrian.E.A.Kairupan juga mengapresiasi kegaiatan ini. Dikatakannya aksi seribu lilin merupakan spontanitas warga Kota Manokwari. Hal ini terlihat bukan sekedar saja warga  datang dengan membawa lilin dan menyalakan seribu lilin tersebut, namun ini menandakan bahwa melalui aksi solidaritas tersebut untuk cinta keberagaman dengan dasar UUD 1945 dan Pancasila.

“Harus ada kedamaian di Indonesia dan Tanah Papua. Ini dukungan moral untuk Ahok dari Papua Barat, demi menegakkan keadilan,” ucap dia di tempat yang sama.

Dari aksi kegiatan ini pasca hasil pemasangan dalam aksi Seribu lilin, warga juga menuliskan pesan-pesan moral di atas selembar kertas yang telah disediakan sebagai dukungan untuk Ahok. Seperti # Manokwari Save AHOK NKRI # dan # AHOK Gubernur Terbaik Di indonesia #. (ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.