Antrean Online RSUD Biak, Mudahkan Peserta JKN-KIS & Petugas RS

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak terus bersinergi dengan BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor. Salah satu bentuk sinergi tersebut adalah dengan komitmen bersama menerapkan berbagai inovasi berbasis teknologi antara lain antrean online.

banner 325x300

 

Kepala Seksi Rawat Jalan RSUD Biak, Ferdinanda Rumbino yang ditemuai tim Jamkesnews, Kamis (21/04) menyatakan bahwa salah satu yang mendasari diterapkannya antrean online adalah besarnya angka kunjungan pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) setiap hari sekaligus mempermudah dan memberikan kepastian layanan kepada peserta JKN-KIS.

 

“Dengan adanya antrean online ini, maka akan memberikan kemudahan dan kepastian kepada peserta JKN-KIS dan para petugas antara lain kunjungan pasien ke RSUD dapat diatur, menghindari kesalahpahaman antar pasien terkait urutan pelayanan karena sudah berurutan sesuai dengan nomor antrean dan petugas poli tidak perlu melakukan pemanggilan secara manual, karena pemanggilan sudah diatur secara otomatis di aplikasi untuk melakukan pemanggilan,” ungkap Ferdinan.

 

“Ada beberapa cara yang dapat dilakukan peserta JKN-KIS untuk mendaftar antrean online ini yakni dengan datang langsung ke rumah sakit atau melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan terintegrasinya sistem antrean ini ke aplikasi Mobile JKN tentunya semakin memudahkan peserta,” tambah Ferdinan.

 

Ferdinan juga menjelaskan bahwa dengan antrean online yang dapat diakses peserta melalui aplikasi Mobile JKN, maka dapat memberikan manfaat bagi rumah sakit yakni rumah sakit dapat mengetahui jumlah peserta yang telah mengambil antrean, sehingga rumah sakit lebih siap melayani pasien sesuai dengan jumlah pasien yang akan berobat pada hari tersebut.

 

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Haris Prayudi yang ditemui terpisah mengapresiasi penerapan antrean online di RSUD Biak.

 

“Saya sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan RSUD Biak dalam menerapkan sistem antrean online utamanya para petugas dan sarana prasarana pendukung jalannya antrean online ini. Semoga dengan diterapkannya antrean online ini apa yang diharapkan peserta JKN-KIS dapat terpenuhi yakni layanan cepat, mudah dan tidak mengantre lama. Semoga kedepannya bisa konsisten memberikan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan sebagaimana tertuang dalam komitmen kerja sama yang telah disepakati. Apabila terdapat hal-hal yang perlu didiskusikan, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor terbuka untuk segala upaya perbaikan,” tutup Haris.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.