Angka Pengangguran Tinggi Kemnaker Kucurkan 94 Paket Pelatihan Untuk LLK UKM Biak

Plt Kepala LLK UKM Kabupaten Biak Numfor, Hesty Kbarek. Dok/red
Plt Kepala LLK UKM Kabupaten Biak Numfor, Hesty Kbarek. Dok/red

Lensapapua, Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia, memberikan kepercayaan kepada Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (LLK UKM) Kabupaten Biak Numfor untuk melaksanakan 94 paket pelatihan bagi para pencari kerja yang ada di Biak.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi yang di selenggarakan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia yang di ikuti oleh semua kabupaten/kota yang ada di Indonesia, pada tanggal 9 – 10 Oktober 2018 yang lalu di Denpasar, Bali.

Plt LLK UKM Kabupaten Biak Numfor, Hesty Kbarek mengatakan, Kabupaten Biak Numfor mendapatkan bantuan 94 paket pelatihan ini dikarenakan jumlah Pencari kerja atau angka pengangguran di Biak cukup banyak.

“Pemberian paket pelatihan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) diberikan Untuk semua kabupaten/kota yang ada di Indonesia, untuk Kabupaten Biak Numfor diberikan sebanyak 94 paket dari total keseluruhan paket yang diberikan sebanyak 436,” ujar Hesty di Biak, Selasa (16/10/18).

Menurut Hesty, Biak Numfor mendapatkan jumlah paket terbanyak dari daerah lainnya, dikarenakan kurangnya kesediaan lapangan kerja dan untuk mengurangi jumlah pengangguran maka pihaknya meminta kepada bapak Menteri untuk memberikan paket pelatihan yang tersedia kepada Kabupaten Biak Numfor.

“Paket pelatihan ini akan di mulai pada bulan januari 2019, jadi perlu adanya persiapan baik dalam hal kepesertaan maupun tenaga ahli yang akan Melatih seluruh peserta pelatihan, saat ini kami sudah mulai persiapan mulai dari rekrut peserta yang akan dilatih.” Jelas Hesty.

Hesty juga menambahkan, Paket pelatihan di Biak diberikan melalui UPTP Sorong. Untuk masing – masing paket pelatihan terdiri dari 16 orang, dengan usia produktif, intinya siapapun yang masih mampu bekerja bisa mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan ini juga akan diadakan di seluruh distrik dan kampung yang ada di Biak atau bersifat turun lapangan demi mempercepat 94 paket pelatihan ini, dengan jangka waktu pelatihan selama satu tahun maka setiap satu pelatihan akan dilakukan hanya selama 24 hari,” tuturnya.

Plt LLK UKM Kabupaten Biak Numfor, Hesty Kbarek berharap, untuk menghadapi pelatihan yang sekian banyak ini, kepada seluruh masyarakat, panitia serta instruktur yang ada, agar betul-betul bekerja dengan sunguh karna ini kepercayaan Pemerintah Pusat untuk Papua, terlebih khusus Kabupaten Biak Numfor. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.