50 Peserta Ikuti Pelatihan Potensi SAR, Basarnas Biak 

Lensapapua, Biak – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Biak melaksanakan kegiatan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) Teknik Pertolongan di Ketinggian Tahun 2021, yang di Pusatkan di Aula Korem 173/PVB Biak. Selasa (22/06/2021).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Biak Numfor mewakili Pemerintah Daerah didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak Gusti Anwar Mulyadi, S.H. bersama para undangan yang hadir.

Peserta dalam pelatihan potensi SAR ini sebanyak 50 orang, yang tergabung dari perwakilan masing-masing instansi dan organisasi berpotensi SAR di Kabupaten Biak Numfor yakni perwakilan TNI – Polri dan Organisasi Masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, menjelaskan Pelatihan ini merupakan program dari Basarnas setiap tahunnya untuk melatih potensi-potensi SAR dalam rangka mendukung Basarnas Biak kedepan mengingat secara geografis wilayah Biak merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi kondisi membahayakan manusia.

“Melalui pelatihan ini jika nanti kalau ada operasi SAR mereka sudah tahu, apalagi ini di daerah medan ketinggian, wilayah kita ini kan memang banyak hutan dan banyak juga jalur yang cukup terjal dan cukup membahayakan, jadi kita berikan materi kepada teman-teman potensi untuk dipelajari bagaimana cara-cara atau teknik mereka menangani terlebih dahulu selagi menunggu kedatangan tim SAR ke lokasi,” jelasnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, menyampaikan terimakasih atas dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor. Ia berharap kepada peserta agar materi yang diberikan bisa dipelajari dengan baik agar kedepan bisa bermanfaat dan menjadi dasar untuk menolong orang dan membantu anggota SAR Biak, apabila terjadi hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan manusia.

Ia juga menghimbau, untuk masyarakat agar memperhatikan cuaca saat beraktifitas diluar, apabila berpotensi membahayakan bisa meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. Apabila terjadi musibah yang membutuhkan pertolongan bisa dilaporkan dengan informasi yang jelas dan akurat, Basarnas Biak siap siaga 24 jam untuk membantu orang yang membutuhkan pertolongan keselamat.

Sementara itu, Asisten II Setda Biak Numfor, Ferry Betay, mewakili pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada SAR Biak atas berbagai upaya yamg dilakukan untuk terus meningkatkan potensi SAR di Biak.

Menurutnya Biak Numfor juga merupakan wilayah yang berpotensi rawan bencana, sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi persiapan dalam menanggulangi bencana, “Saya harap kedepan pelatihan seperti ini bisa terus berlangsung, karena kita tau bersama Biak ini juga merupakan wilayah rawan bencana, sehingga melalui pelatihan tim SAR yang dipersiapkan ini mereka bisa membantu apabila sewaktu-waktu ada kejadian yang berhubungan dengan keselamatan, mereka bisa sigap membantu, mereka sudah tau sop nya seperti apa, terimakasih untuk Basarnas Biak, semoga pelatihan ini bisa terus berkesinambungan kedepan,” pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.